Anggota DPRD Agam Tinjau Lokasi Usaha UMKM 'Rodi Maco'

Senin, 16 Maret 2020, 19:12 WIB | Olahraga | Kab. Agam
Anggota DPRD Agam Tinjau Lokasi Usaha UMKM 'Rodi Maco'
Anggota Komisi IV DPRD Agam, foto bersama dengan Rodi Indra Saputra usai kunjungan ke sentra produksi Rodi Maco, Senin (16/3/2020). (istimewa)

VALORAnews - Kecamatan Tiku di Kabupaten Agam, merupakan salah satu sentra penghasil ikan laut di Sumbar. Selain ikan segar, penduduk setempat juga memproduksi ikan kering (ikan asin-red) atau maco menurut istilah warga setempat.

"Saya sengaja mengajak rekan-rekan anggota Komisi IV DPRD Agam mampir ke 'Rodi Maco,' karena saya menilai produk ikan asin ini penting untuk diperhatikan dan diperkenalkan ke masyarakat lebih luas lagi. Saya menilai, apa yang dilakukan anak muda ini, suatu hal yang sangat kreatif," ungkap Anggota Komisi IV DPRD Agam, Gema Saputra, disela-sela kunjungan ke sentra produksi Rodi Maco, Senin (16/3/2020).

Rodi Maco merupakan salah satu brand ikan asin asal Tiku. Merek ini mengambil sebagian nama dari pemiliknya, Rodi Indra Saputra. Mahasiswa Pasccasarjana Universitas Negeri Padang (UNP) ini, merupakan salah seorang pemuda setempat yang tengah berupaya 'menaikan kelas maco,' dari metode penjualan secara kulakan, kedalam bentuk kemasan hygenis.

Gema Saputra yang juga putra daerah Tiku menilai, sudah saatnya masyarakat melihat peluang usaha terutama usaha-usaha yang mengangkat pontensi nagari seperti yang telah dilakukan Rodi.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Nelayan Tiku Tak Bisa Melaut, Harga Ikan Asin Meroket

"Ikan asin adalah salah satu hasil nagari di Jorong Ujung Labung, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara ini. Tentunya, produk UMKM ini akan jadi cenderamata khas nagari bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke daerah yang berada di kawasan pantai Tiku ini," tukasnya.

Sebelum berkunjung ke Rodi Maco, Komisi IV DPRD Agam yang membidangi Pendidikan, Sosial, Kesehatan dan Pariwisata itu, melakukan kunjungan kerja ke SDN 13 Jorong Ujung Labung dan Objek Wisata Pantai Torpedo.

Sementara, Rodi menyebutkan, tidak menyangka kalau anggota DPRD Agam yang sedang melakukan kunjungan kerja, menyempatkan mampir ke tempat produksi 'Rodi Maco.'

"Karena tidak menyangka, sehingga tadi tidak ada persiapan khusus. Tentunya, saya sangat berterimakasih atas perhatian bapak-bapak wakil rakyat di DPRD Agam ini. Mohon maaf jika pelayanan kami kurang memuaskan," ucapnya.

Baca juga: 4 Km Garis Pantai Diterjang Abrasi, 700 Unit Rumah di Nagari Tiku V Jorong Terancam

Menurut rodi, kunjungan ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM. Karena, sangat menaikan moral pelaku UMKM dalam pengembangan usaha. "Semoga, hal-hal seperti ini juga dilakukan di daerah-daerah lain saat melakukan kunjungan kerja," harapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: