Solsel Terapkan Pembuatan Akta Kelahiran Online, Bisa Dicetak Mandiri

Kamis, 01 Agustus 2019, 16:58 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Solsel Terapkan Pembuatan Akta Kelahiran Online, Bisa Dicetak Mandiri
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Efi Yandri. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pembuatan akta kelahiran, kini bisa lebih mudah karena Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri seiring diluncurkannya program layanan akta kelahiran online.

Layanan ini memungkinkan masyarakat membuat akta kelahiran sendiri melalui situs online yang dikelola Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Efi Yandri menyebutkan, dengan adanya layanan ini, terhitung 1 Agustus 2019 masyarakat Solsel bisa membuat dan mencetak akta kelahiran sendiri.

"Dengan layanan ini, warga tidak perlu lagi jauh-jauh ke kantor Disdukcapil untuk mengurus akta kelahiran," sebutnya usai memberikan sosialisasi pelaksanaan kebijakan dan penyelenggaraan administrasi kependudukan (pencatatan kelahiran online) di aula Kantor Dukcapil Solsel, Kamis (1/8/2019).

Baca juga: Disdukcapil Padang Gelar Aktivasi IKD di BRI, Ini Kata CEO RO Padang

Sosialisasi tersebut menghadirkan 7 orang sekretaris kecamatan dan 39 orang sekretaris nagari di Solsel.

Efi Yandri menyebutkan, angka pencatatan akta kelahiran di Solsel masih berada dibawah target nasional, dimana data per 31 Desember 2018, penduduk Kabupaten Solok Selatan berumur 0-18 tahun mencapai 62,6 ribu orang, sedangkan yang telah mempunyai akta kelahiran sekitar 46,8 ribu dan yang belum mempunyai akta kelahiran mencapai 15,7 ribu orang.

Dia mengatakan, rendahnya angkat akta kelahiran di Solsel salah satunya karena masyarakat belum memahami pentingnya kepemilikan akta kelahiran.

Disamping itu, kondisi geografis dan kurangnya keterlibatan pemerintah tingkat rendah masih minim.

Baca juga: Program Pakkayo Layani Warga Agam di Libur Lebaran, Rekam Data Paling Banyak

Dengan adanya layanan online ini, Dia berharap masyarakat Solsel lebih mudah untuk membuat akta kelahiran, dan target capaian pencatatan akta kelahiran di Solsel bisa melebihi target nasional.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: