Karambia Runners, Berprestasi dan Jagoan Gelar Iven

Kamis, 07 November 2019, 16:06 WIB | Sport | Provinsi Sumatera Barat
Karambia Runners, Berprestasi dan Jagoan Gelar Iven
Penggiat Karambia Runners, foto bersama usai berpartisipasi pada kegiatan AnniversaRun 2019 yang digelar dalam memeriahkan hari jadi PT Semen Padang, beberapa waktu lalu. (istimewa)

VALORAnews - Di usianya yang baru setahun jagung, Karambia Runners menjelma sebagai komunitas lari yang diperhitungkan baik di Sumbar maupun nasional. Komunitas ini beranggotakan berbagai profesi seperti pegawai BUMN, BUMD, ASN, Hakim, TNI, Polisi, mahasiswa dan pelajar. Member-nya telah mencapai angka 200 orang.

"Karambers (sebutan anggota komunitas ini-red) tidak hanya di Padang, tetapi juga ada di Bukittinggi, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Dharmasraya bahkan sampai ke Palembang, Pekanbaru dan Jakarta," ungkap Humas Karambia Runners, Rezki Rifai dalam siaran pers yang diterima.

Menggeliatnya komunitas ini, tak lepas dari olahraga lari ini merupakan olahraga paling hemat. Setiap pagi, bisa disaksikan di pinggir pantai Padang, belasan orang, tua-muda, lelaki-wanita tampak semangat mengayunkan langkah. Baik itu sedang lari, jalan cepat ataupun sekadar jalan biasa untuk menjaga kesegaran tubuh. Di GOR H Agus Salim pemandangan serupa bisa ditemukan.

Dikatakan Rezki, dari sering lari inilah, timbul ide dari beberapa anak muda yang mayoritas bekerja di Bank dan ASN di Padang untuk mendirikan sebuah komunitas lari. Pra Event Minang Geo Park 2018 lalu, adalah tonggak sejarah deklarasi komunitas ini.

Baca juga: KPU Sumbar Gelar Jambore Demokrasi Pelajar, Idham: Program Literasi yang Layak Ditiru

Tiga pentolannya, Machwel Fareira, Ricky Oktavianda dan Ferdinand Hidayat yang saat itu bersama Putri Indonesia asal Sumbar, Melanie Putria mendeklarasikan Karambia Runners pada 26 Agustus 2018. Di November 2018, Karambia Runners melalui Rezki Rifai, berhasil mengundang dua putra terbaik Sumbar yaitu Mantan Menteri PPN/Kepala Bappenas RI, Andrinof A Chaniago (saat ini Komisaris Utama Bank BRI-red) dan Kepala Kepolisian Daerah Sumbar Irjen Pol Fakhrizal sebagai Pelindung.

Prosesi pengangkatan pelindung ini berlangsung di Pantai Padang. Saat itu Andrinof A Chaniago menantang Karambia Runners untuk menghelat BRI Mandeh Run 2019. Iven ini kemudian jadi sejarah awal mendunianya Karambia Runners.

Sebagai komunitas yang semakin menggurita, Karambia Runner juga berpartisipasi aktif di setiap kegiatan maupun lomba lari yang diadakan di Sumatera Barat. Kehadiran Karambia Runners tidak saja sekadar ikut-ikutan saja. Dibanyak lomba, Karambers berhasil jadi kampiun.

Beberapa prestasi yang dihasilkan adalah Semen Padang AnniversaRun 2019 juara 2 Hamdan Sayuti. KedokteRun Unand 2019 Beni Ardinata Juara 1 dan Iqbal Saputra Juara 2. Sawahlunto Coal Trail Marathon 2019 kembali Iqbal dan Hamdan mempersembahkan podium 1 dan 2 untuk 17 KM dan Beni Juara 1 di 25 KM.

Baca juga: Gubernur Sumbar Buka TMMD ke120 Tanah Datar, akan Buka Jalan Sepanjang 4,5 Km

Transmart Joy Run 2019 juara 1 Beni. Sementara Seribu Rumah Gadang Iqbal mendapat Juara 2. Yang termutakhir adalah podium 1 di Jakarta Electric Marathon 2019 diraih Hamdan Sayuti.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: