Solsel Juarai Permainan Anak Nagari

Kamis, 03 Oktober 2019, 21:16 WIB | Kabar Daerah | Kab. Solok Selatan
Solsel Juarai Permainan Anak Nagari
Tim Enggrang Solsel yang diwakili siswa SMPN 5 Pakan Salasa, Pauh Duo, menerima piala juara I pada Festival Permainan Anak Nagari yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar, Kamis (3/10/2019). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Solok Selatan berhasil meraih Juara I pada Festival Permainan Anak Nagari kategori Permainan Egrang/Tengkak-tengkak (secara estafet dimainkan 4 orang) yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar, Kamis (3/10/2019).

Selanjutnya, Tim Solsel tersebut berhak mewakili Sumbar ke lomba tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada 10 Oktober 2019 mendatang di Jakarta.

Kabid kebudayaan Dinas Pariwisata Solok Selatan, Desrial didampingi Kasi Pengelolaan dan Pengembangan Budaya, Darmansyah mengatakan, tim yang mendapatkan juara tersebut berasal dari pelajar SMP 5 Pakan Salasa, Pauh Duo, yang sebelumnya telah dilatih di sekolah tersebut.

Tidak hanya akan berlomba pada kategori Egrang, Tim Sumbar yang diwakili Solsel tersebut juga akan berlomba pada jenis permainan lain.

"Anak-anak kita juga akan berlaga untuk kategori permainan lain, seperti terompah panjang, gasing, sumpit serta permainan galah," terang Desrial.

Desrial menyampaikan terima kasihnya, atas dukungan yang telah diberikan sekolah dari SMPN 5 Solok Selatan (Pakan Salasa) serta pihak-pihak di sekolah tersebut yang telah melatih tim. Adapun tim tersebut terdiri dari Divo Yuliawan, Gus Asril, Ari Yanto Saputra, serta Rindo Desriyansa dengan pelatih, Piki.

Ia mengatakan, tujuan lomba tersebut adalah untuk kembali menghidupkan serta melestarikan permainan tradisional yang sudah mulai jarang dimainkan oleh anak-anak zaman sekarang. Juga untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung pada setiap permainan tradisional tersebut, seperti kerja sama tim/kelompok, nilai-nilai sportivitas, menghargai sesama, kedisiplinan, kebersamaan, dan sebagainya.

Untuk kesiapan menuju lomba di Jakarta pada 10 Oktober mendatang, menurutnya, pihak provinsi dan juga kabupaten, akan mengintensifkan latihan agar mendapatkan hasil yang maksimal nantinya. "Mohon doa dan dukungan bagi anak-anak kita yang akan berlomba mewakili Sumbar nantinya," tukasnya. (rls)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: