Kelurahan Batang Arau Sambut Tim Penilai ABS-SBK

Selasa, 24 September 2019, 19:23 WIB | News | Kota Padang
Kelurahan Batang Arau Sambut Tim Penilai ABS-SBK
Tim Penilaian ABS-SBK, Jamilus dan rombongan bersama Lurah Batang Arau, Eka Saputra serta tokoh masyarakat, foto bersama seusai penilaian, Selasa (24/9/2019). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Kelurahan Batang Arau yang mewakili Kecamatan Padang Selatan dalam lomba Implementasi pelaksanaan Adat Basandi Sarak-Sarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) tingkat Kota Padang, Selasa (24/9/2019) dikunjungi tim penilai.

Lurah Batang Arau, Eka Saputra mengatakan, pelaksanaan ABS-SBK di wilayahnya selama ini berjalan baik. Itu dibuktikan aktifnya masyarakat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan maupun kegiatan-kegiatan yang bersifat adat dan budaya.

"Ramainya tempat ibadah setiap masuknya waktu shalat serta kegiatan keagamaan seperti wirid, pengajian maupun majelis taklim. Selain itu, kegiatan pendidikan dan budaya melalui rumah baca dan kampung literasi, juga salah satu upaya kita di samping kegiatan-kegiatan budaya seperti barzanji," ujar Eka.

Ketua Tim Penilai, Jamilus mengatakan, ada beberapa kriteria penilaian dalam lomba ABS-SBK ini kegiatan lomba ini yaitu, penilaian keagamaan meliputi pemanfaatan dan ketersedian sarana ibadah, penyelenggaraan pendidikan agama, aktifitas pendidikan agama dan pengamalan syariat agama.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

Penilaian umum mencakup kondisi wilayah umum, penyelenggaraan pemerintahan, pendidikan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban. Serta, penilaian penyelenggaraan adat yang meliputi penyelenggaraan adat, pemakaian simbol adat, kelembagaan adat dan kegiatan kesenian.

"Kegiatan lomba ini rutin dilakukan setiap tahun oleh Pemko Padang, dalam upaya menilai sejauh mana pengimplementasian ABS-SBK di tengah masyarakat," ujar Jamilus yang juga Kabag Kesra Pemko Padang. (vry)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: