Solsel Dapat Tawaran Ikut Diklat Sandiman dari Badan Siber dan Sandi Negara

Kamis, 19 September 2019, 14:47 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Solsel Dapat Tawaran Ikut Diklat Sandiman dari Badan Siber dan Sandi Negara
Wabup Solsel, Abdul Rahman didampingi Oriza (Kabid Persandian Dinas Kominfo Solsel), berdialog dengan Deputi II BSSN Ahmad Toha dan jajaran di kantor BSSN di Jakarta, Rabu (18/9/2019). (humas)

VALORAnews - Wakil Bupati Solsel, Abdul Rahman berharap, Pemkab Solok Selatan diberikan pendampingan keamanan berbagai aplikasi Information Technology (IT) yang dimiliki.

Gayung bersambut, BSSN menjanjikan akan memberikan IT Security Assesment, untuk pengamanan aplikasi yang ada serta memberikan kesempatan untuk mengikuti Diklat Sandiman yang diadakan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

BSSN dan Pemkab Solsel juga sepakat, untuk menyiapkan perjanjian kerjasama bersama terkait pemanfaatan Sertifikat Elektronik dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (E-Government) di lingkup Pemkab Solok Selatan.

"Keamanan di bidang siber ini penting dimiliki, mengingat sebagian sistem manajemen pemerintahan yang ada sudah menggunakan aplikasi yang terhubung secara online, sehingga perlu dilindungi dalam pelaksanaannya," ungkap Kabid Persandian Diskominfo Solsel, Oriza usai dialog bersama BSSN mendampingi Abdul Rahman, Rabu (18/9/2019).

Diketahui, BSSN selain membangun ekosistem ranah siber Indonesia yang kuat dan aman, juga jadi penyelenggara dan pembina persandian negara dalam menjamin keamanan informasi, utamanya yang berklasifikasi milik pemerintah atau negara, dengan tujuan untuk menjaga keamanan nasional.

BSSN berfungsi untuk mendeteksi, mencegah, dan menjaga keamanan siber, mengingat banyak aksi-aksi kejahatan yang memanfaatkan dunia maya dalam beberapa waktu ke belakang.

Dalam pertemuan itu, Abdul Rahman ditemui Deputi II BSSN Ahmad Toha, SAP, Humas BSSN, dan jajaran lainnya. (rls)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: