Kuliah Umum Unitas Padang Hadirkan Mahyeldi: Perguruan Tinggi Mesti Sempurnakan Kurikulum di Era Industri 4.0

Jumat, 13 September 2019, 18:02 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Kuliah Umum Unitas Padang Hadirkan Mahyeldi: Perguruan Tinggi Mesti Sempurnakan Kurikulum...
Wali Kota Padang, Mahyeldi memberikan kuliah umum pada kegiatan Bimbingan Aktifitas Kehidupan Kampus Kegiatan Ilmiah Perguruan Tinggi (Bakti) Universitas Tamansiswa Padang, Sabtu (14/9/2019). (humas)

VALORAnews - Wali Kota Padang, Mahyeldi mengatakan, agar jadi generasi unggul menghadapi era revolusi industri 4.0, mahasiswa harus mempunyai sifat kritis, mampu berfikir kreatif dan melek teknologi.

"Tiga point tersebut harus dimiliki oleh setiap mahasiswa Universitas Taman Siswa agar bisa menghadapi era revolusi industri 4.0 itu," ajak orang nomor satu di Kota Padang itu saat memberikan kuliah umum dengan tema 'Mempersiapkan Generasi Unggul Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0' kepada 324 orang mahasiswa baru Universitas Taman Siswa (Unitas) Padang, Sabtu (14/9/2019).

Menurut Mahyeldi, tema yang diangkat saat ini sangat sesuai dengan visi Kota Padang yaitu Mewujudkan Padang Sebagai Kota yang Madani Berbasis Pendidikan, Perdagangan, dan Pariwisata Unggul serta Berdaya Saing.

Mahyeldi pun mencontohkan, saat telah hadir teknologi yang dapat menggantikan dan memudahkan pekerjaan manusia seperti adanya aplikasi Shopee, Traveloka, OLX, Lazada, Gojek, Tokopedia, Bukaklapak yang digunakan untuk transaksi bisnis sekaligus jasa pengiriman barang.

Baca juga: Menko Perekonomian Nobatkan Sumbar jadi Nominator TPID Berkinerja Terbaik Kawasan Sumatera

"Untuk itu, mahasiswa harus berfikir kreatif bagaimana aplikasi tersebut dapat diterapkan dan dijadikan juga sebagai peluang membuka usaha," ungkapnya.

Selanjutnya, mahasiswa juga diminta untuk melek teknologi dalam aktifitas perkuliahan. Seperti saat ini seluruh pegawai Pemko Padang diwajibkan untuk bisa menggunakan tekonologi yang bertujuan memudahkan urusan pekerjaan.

"Jika mahasiswa sudah melek teknologi dan mampu menggunakan dengan baik, otomatis kolaborasi akan terjadi sehingga akan lahir generasi yang unggul di era industri 4.0 nantinya," paparnya.

Mahyeldi menyarankan, dalam menghadapi era industri 4.0, perguruan tinggi harus berbenah dengan mengembangkan jaringan kompetensi di dunia kerja dan melakukan perbaikan kurikulum yang selaras dengan kebutuhan industri seperti halnya menerapkan pembelajaran online atau e-learning.

Baca juga: 120 Peserta Workshop Ikuti Penguatan Kelembagaan dan Pengembangan Usaha KTH dan KPS, Ini Harapan Ismunandi Syofyan

"Dengan begitu, selama dibangku perkulihan mahasiswa dapat menerapakan dan mempelajari bagaimana perkembangan tekonlogi. Ketika memasuki dunia kerja, para mahasiswa tersebut tidak akan canggung," tuturnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: