Hak Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Harus Dipenuhi

Jumat, 13 September 2019, 17:06 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Hak Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Harus Dipenuhi
Ketua GOW , Genny Putrinda dan Kepala Cabang PT Asuransi Astra Padang, Iyus Suryaman foto bersama anak berkebutuhan khusus, usai serah terima kegiatan revitalisasi salah satu PAUD di Padang yakni Rumah Belajar Pelangi Nusa Purus Kecamatan Padang Barat ole
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Anak berkebutuhan khusus sejatinya memiliki potensi yang sama dengan anak-anak lainnya. Hanya saja, mereka membutuhkan perlakuan yang lebih intens serta pendidikan, pelatihan dan pengajaran dengan metode berbeda.

"Anak berkebutuhan khusus ini adalah amanah dari Allah SWT yang harus kita jaga dan rawat serta dipenuhi hak-haknya. Kita sebagai orang tua, keluarga dan masyarakat harus menerima keberadaan mereka dengan baik," ungkap Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Padang, Genny Putrinda pada kegiatan revitalisasi salah satu PAUD di Padang yakni Rumah Belajar Pelangi Nusa Purus Kecamatan Padang Barat oleh PT Asuransi Astra Padang, Kamis (12/9/2019).

Istri Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa itu melanjutkan, saat ini di Kota Padang telah terdapat sebanyak 46 PAUD yang menjalankan program inklusif, termasuk salah satunya PAUD Pelangi Nusantara.

Diketahui pendidikan iklusif yaitunya memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus tetapi mereka mempunyai potensi kecerdasan dan bakat istimewa untuk bersekolah di sekolah reguler.

"Secara psikis maupun moral, mereka berhak memperoleh kesempatan belajar yang sama. Karena semua anak memiliki hak mendapatkan pelayanan PAUD termasuk anak-anak berkebutuhan khusus. Maka itu kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada PAUD Pelangi Nusa dan PAUD Hauriyah Halum karena telah peduli dan mau anak-anak berkebutuhan khusus di sini," ucapnya.

Genny menyampaikan terima kasih pada PT Asuransi Astra Padang, melalui Program Pijar Ilmu, telah memberikan bantuan, perhatian dan kepedulian terhadap anak-anak berkebutuhan khusus.

"Semoga berupa revitalisasi PAUD ini, kegiatan proses belajar mengajar akan menjadi lebih meningkat. Karena suasananya terasa lebih nyaman dan anak-anak lebih bersemangat. Kita tentu berharap dan berdoa, mudah-mudahan pemberian bantuan ini juga tidak hanya sampai di sini, tetapi dapat berkelanjutan hendaknya," tukas Genny.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Asuransi Astra Padang, Iyus Suryaman mengatakan, bantuan revitalisasi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun melalui Program Pijar Ilmu.

"Untuk tahun ini, kegiatan tersebut sejalan dengan peringatan hari ulang tahun (HUT) PT Asuransi Astra yang ke-63," terangnya.

Menurutnya, Rumah Belajar Pelangi Nusa patut diapresiasi, karena memenuhi kriteria di antaranya ada beberapa orang anak dengan kebutuhan khusus yang bersekolah dan juga beberapa fasilitas sekolah yang perlu dilakukan perbaikan.

"Kami berikan apresiasi karena mereka menerima anak berkebutuhan khusus yang memang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan," ungkapnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: