Ini Dampak Penggunaan Bahan Pangan Berbahaya di Produk Makanan

Sabtu, 07 September 2019, 10:17 WIB | News | Kota Padang
Ini Dampak Penggunaan Bahan Pangan Berbahaya di Produk Makanan
Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, Martin Suhendri menyampaikan bahaya menggunakan bahan pangan sintetis pada sejumlah Kelompok Usaha Kesehatan Kerja (UKK) dan pelaku UMKM di Kelurahan Rawang, Kamis (5/9/2019). (veby rikiyanto/
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, Martin Suhendri menegaskan, pelaku usaha khususnya yang memproduksi pangan, harus dapat mengenali dan tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya dalam produknya.

"Pastikan bahan pangan harus bebas dari cemaran biologis dan kimia," ungkap Martin Suhendri saat memberikan pengarahan kepada sejumlah Kelompok Usaha Kesehatan Kerja (UKK) dan pelaku UMKM di Kelurahan Rawang, Kamis (5/9/2019).

Keamanan pangan, terangnya, harus diperhatikan dengan upaya mencegah pangan dari bahan-bahan berbahaya yang dapat menimbulkan bahaya terhadap konsumen.

Bahan berbahaya yang masih banyak dipakai masyarakat adalah pewarna pakaian, Boraks dan Rodamin B yang bertujuan sebagai bahan pengawet.

Baca juga: BB POM Padang Musnahkan Makanan dan Obat Ilegal Senilai Rp1,8 M

"Mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut dalam jangka panjang dapat merusak dan mengakibatkan kematian," tegasnya.

Sementara, Lurah Rawang, Andi Amir mengatakan, sebagian masyarakat menggunakan bahan-bahan tersebut karena ketidaktahuan terkait bahan tersebut maupun bahayanya yang dapat berakibat fatal jika dikonsumsi.

"Kita mengharapkan, sosialisasi BBPOM ini dapat membuka dan menambah wawasan pelaku UMKM dan UKK di Kelurahan Rawang tentang pangan sehat. Kedepannya, dapat memproduksi pangan sehat dan aman dikonsumsi masyarakat," pungkasnya. (vry)

Baca juga: Senam Massal HUT ke-16 Bertabur Hadiah: Jajanan Sehat di Kantin Sekolah akan Disosialisasikan BB POM

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024