Padang Tingkatkan Kapasitas Kelompok Media Tradisional

Selasa, 13 Agustus 2019, 07:51 WIB | News | Kota Padang
Padang Tingkatkan Kapasitas Kelompok Media Tradisional
Koordinator Forum Komunikasi Media Tradisional Kota Padang, Harneli Bahar memberikan arahan pada Bimtek Peningkatan Kapasitas Kelompok Media Tradisional Kota Padang, Selasa (13/8/2019). (humas)

VALORAnews - Keberadaan Forum Komunikasi Media Tradisional Kota Padang sangat penting sebagai payung bagi kelompok-kelompok media-media tradisional yang ada di kota tersebut. Sejak dikukuhkan Wali Kota Padang 4 April 2019 lalu, forum ini tentunya memerlukan penguatan baik dari sisi kelembagaan ataupun dalam bentuk peningkatan kapasitas.

Menyikapi hal itu, Dinas Kominfo Setdako Padang, Selasa (13/8/2019) menggelar workshop atau Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Kelompok Media Tradisional Kota Padang. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari Selasa dan Rabu (13-14/8/2019).

Iven ini diikuti masing-masing perwakilan sanggar/kelompok media tradisional yang ada di Kota Padang. Ketua TP-PKK Kota Padang, Harneli Bahar yang juga Koordinator Forum Komunikasi Media Tradisional Kota Padang membuka secara resmi kegiatan itu.

Dikesempatan itu, juga hadir beberapa budayawan Ranah Minang di antaranya Rizal Tanjung, Zalmasri dan Hendri Yusuf selaku narasumber. Sebagai moderator menghadirkan Saparman dan Dasrul.

Baca juga: Administrasi Berbasis Digital dan e-Arsip jadi Keunggulan TP PKK Nagari Sitalang di Lomba Tingkat Provinsi

Kepala Dinas Kominfo, Suardi mengatakan, pemberdayaan media tradisional penting dilakukan sebagai mitra pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat melalui pesan-pesan kebijakan/program pemerintah dan isu-isu pembangunan daerah dalam kemasan seni pertunjukan rakyat.

"Alhamdulillah, keberadaan kelompok media tradisional sebagai mitra Pemko Padang dalam menyukseskan pembangunan telah menunjukkan prestasinya. Yaitu suksesnya sanggar seni Palito Nyalo yang keluar sebagai Terbaik I pada Pemilihan Kelompok Media Tradisional Tingkat Sumbar 2017."

"Prestasi itu pun berlanjut ketingkat nasional karena juga sukses menjuarai Festival Seni Pertunjukan Rakyat pada kegiatan SAIK (Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi) 2017 yang diselenggarakan Kemenkominfo RI di Palembang," jelasnya.

"Kita bersyukur, pada 2018 Kota Padang juga kembali meraih Terbaik I pada Pemilihan Kelompok Media Tradisional Terbaik Tingkat Sumbar melalui sanggar seni Parewa Limo Suku dan juga sebagai Terbaik II Festival Seni Pertunjukan Rakyat pada SAIK 2018."

Baca juga: Bukittinggi jadi Tuan Rumah Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi XX

"Hal ini tentu mengharuskan adanya tindakan nyata untuk mewujudkan peningkataan kapasitas kelompok-kelompok media tradisional di Kota Padang yang sudah aktif selama ini, atau pun yang belum aktif menjadi aktif sebagai saluran informasi pembangunan daerah. Salah satunya melalui penyelenggaraan workshop atau Bimtek kali ini," tambahnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: