Hendri Septa Resmikan Rumah Pustaka di Kurao Pagang

Minggu, 04 Agustus 2019, 17:55 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Hendri Septa Resmikan Rumah Pustaka di Kurao Pagang
Wawako Padang, Hendri Septa meresmikan Rumah Pustaka dan Peduli Arsip Masyarakat Kurao Pagang, Ahad (4/8/2019). Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa mengharapkan, kehadiran rumah pustaka di dekat masyarakat, dapat mendorong minat baca untuk melek literasi.

"Mendirikan rumah pustaka di tengah-tengah lingkungan masyarakat tentu dapat mendekat buku-buku dengan masyarakat yang selama ini buku hanya bisa dipinjam di Pustaka Daerah dan Pustaka Keliling," ujar Hendri saat meresmikan Rumah Pustaka dan Peduli Arsip Masyarakat (RP-PAM) Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, Ahad (4/8/2019).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Derah II Arsip Nasional RI, Wawan Sumanak, Kadis Perpustakaan dan Kerasipan Provinsi Sumatera Barat, Wadarusmen, Wakil Ketua DPRD Padang, Muhidi, Kadis Perpustakaan dan Kerasipan Kota Padang Muji Susilawati, Camat Nanggalo, Teddy Antonius dan unsur Forkopimka setempat.

Dikesempatan tersebut, Hendri mengaku bersyukur dan menyambut baik, hadirnya Rumah Pustaka Kurao Pagang ini. Dengan hadirnya rumah pustaka ini

Hendri menjelaskan, salah satu bentuk keprihatinan dewasa ini adalah persoalan minat baca masyarakat Indonesia yang hari kehari semakin menurun. Persoalan ini dipengaruhi perkembangan teknologi informasi yang kian pesat sehingga masyarakat lebih cendrung memainkan teknologi ketimbang membaca buku.

"Kita lihat sekarang, anak-anak umur lima tahun sudah pada pintar memainkan Smart Phone ketimbang belajar dan membaca buku. Ini perlu menjadi perhatian bersama, bagaimana kita selaku orang tua dapat mengawal anak-anak dalam melek teknologi," terangnya.

Hendri berharap, rumah pustaka ini akan mendorong masyarakat terutama anak-anak untuk rajin membaca sehingga generasi muda Kota Padang menjadi generasi cerdas dan pintar. "Kita tentu menyadari dengan membaca maka keilmuan dan pengetahuan kita akan bertambah," pungkas dia.

Sementara itu, Wawan Sumanak mengatakan, Kabupaten/Kota seluruh Indonesia bertugas mengarsipkan dokumen penting milik warganya. Apabila terjadi suatu peristiwa yang mengakibatkan hilangnya dokumen tersebut, maka warga dapat mengambil arsipnya itu, sehingga warga tidak perlu bersusah membuat yang baru.

"Setiap kabupaten/kota, kita serahkan sepenuhnya untuk mengarsipkan dokumen penting milik warganya seperti Kartu Kelurga (KK), Surat Nikah, Akta dan dokumen penting lainnya. Alhamdulillah, dengan adanya Gerakan Rumah Pustaka dan Peduli Arsip Masyarakat akan dapat dilakukan pengarsipan terhadap dokumen penting masyarakat," tutupnya.

Dikesempatan yang sama, Muji Susilawati mengatakan, Gerakan Rumah Pustaka dan Peduli Arsip Masyarakat (RP-PAM) dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang ke-350.

Muji menambahkan, untuk mendorong minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Padang juga membagikan buku kerumah-rumah warga. Total 200 rumah warga yang dapat pembagian buku secara gratis.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: