Empat SMP di Padang jadi Sekolah Siaga Kependudukan

Kamis, 27 Juni 2019, 08:59 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Empat SMP di Padang jadi Sekolah Siaga Kependudukan
Kadisdik Padang, Barlius didampingi Heriyanto Rustam (Kepala DP3AP2KB Padang), Syahruddin (Kepala BKKBN Perwakilan Sumatera Barat) memotong pita tanda diresmikannya SMPN 31 Padang, sebagai Sekolah Siaga Kependudukan, Rabu (26/6/2019). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sejumlah sekolah tingkat SMP di Padang, memantapkan diri sebagai "Sekolah Siaga Kependudukan." Momentum ini dihadiri Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Syahruddin, di SMPN 31 Padang, Rabu (26/6/2019).

Menurut Syahruddin, melalui sekolah siaga kependudukan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat, terkait pentingnya pertimbangan kependudukan dalam kehidupan berkeluarga. Pengetahuan itu akan menyadarkan masyarakat untuk membentuk keluarga kecil berkualitas.

"Diharapkan masyarakat sadar kependudukan yaitu membentuk keluarga kecil berkualitas, mempersiapkan generasi penerus, mempersiapkan hari tua, serta memperhatikan lingkungan dan daya dukung alam untuk kehidupan," kata Syahruddin.

Ia membeberkan kondisi kependudukan Indonesia, saat ini terjadi ketidakseimbangan dalam akses pendidikan. Dari 255 juta jiwa penduduk, sebanyak 90 juta jiwa (35%) penduduk usia 5-24 yang mestinya mengenyam pendidikan, namun data dari Kemendikbud hanya 46 juta pelajar dan mahasiswa.

Baca juga: 3 Anggota DPRD Mentawai Dicokok Pesta Narkoba Bersama Seorang Kontraktor

"Angka itu hanya 52 persen dari total jumlah penduduk yang mestinya mengenyam pendidikan," ujarnya.

Belum lagi dari angka angkatan kerja, Syahruddin menyebut, 52 persen angkatan kerja Indonesia tamatan SD dan tidak tamat sekolah.

"Gambaran itu menjadi dorongan agar di masa akan datang ada peningkatan kualitas kependudukan. Salah satu upaya kita adalah membentuk Sekolah Siaga Kependudukan," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang, Heryanto Rustam menjelaskan, Sekolah Siaga Kependudukan adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan KB ke dalam beberapa mata pelajaran.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

Di dalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai sumber belajar dan pengayaan materi bagi peserta didik.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: