Ini Jadwal Penukaran Uang Pecahan Kecil di 19 Lokasi di Sumbar

Kamis, 09 Mei 2019, 15:37 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
Ini Jadwal Penukaran Uang Pecahan Kecil di 19 Lokasi di Sumbar
Sejumlah warga melakukan penukaran uang pecahan kecil yang difasilitasi BI di berbagai daerah di Sumbar. (istimewa)

VALORAnews - Budaya "manambang" jadi bagian yang tidak terpisahkan pada setiap lebaran di Ranah Minang. Setiap tahunnya, lebaran selalu identik dengan fenomena mudik atau pulang kampung yang tidak sah rasanya apabila tidak memberikan THR kepada sanak saudara.

Namun, seringkali THR tersebut tidak hanya diberikan kepada sanak saudara, tetapi juga anak-anak di lingkungan tempat tinggal yang selalu datang berombongan dari satu rumah ke rumah lain atau dikenal dengan istilah "manambang".

Budaya "manambang" ini oleh sebagian besar masyarakat menjadi salah satu persiapan yang harus diperhatikan karena masyarakat membutuhkan uang pecahan kecil sebagai isi "amplop" yang akan dibagikan.

Selama Ramadhan 1440 H, Bank Indonesia Sumatera Barat bersama perbankan bersinergi tingkatkan jumlah lokasi layanan penukaran di beberapa kabupaten/kota di Sumbar. Dalam rangka memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil di masyarakat, Bank Indonesia Sumatera Barat menggandeng perbankan untuk melaksanakan layanan penukaran uang pecahan kecil di luar kantor melalui kegiatan kas keliling.

Baca juga: Kapolda Sumbar Perintahkan Bintara Pembawa 141 Paket Ganja Ditindak Tegas

"Sebanyak 19 lokasi layanan kas keliling tersebar di 7 lokasi di wilayah Padang dan 12 lokasi di kabupaten/kota di Sumbar mulai 7-29 Mei 2019 pukul 08.30 hingga 12.00 WIB," ungkap Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Sumbar, Wahyu Purnama A dalam siaran pers yang diterima.

Jumlah lokasi kas keliling selama Ramadhan 1440 H ini, mengalami peningkatan dibandingkan dengan layanan kas keliling 1439 H yang hanya tersebar di 5 lokasi mencakup Kota Padang dan beberapa kabupaten/kota.

Masifnya kegiatan layanan penukaran kali ini merupakan bentuk sinergi dan kerja sama Bank Indonesia dengan perbankan di Sumbar. Selain melibatkan perbankan, Bank Indonesia Sumatera Barat juga telah menyiapkan modal kerja sebesar Rp4,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan pecahan kecil selama Ramadhan dan Lebaran 1440 H, meningkat 8% dibandingkan modal kerja 1439 H.

Bank Indonesia Sumatera Barat menerapkan mekanisme atau tata cara penukaran melalui layanan kas keliling. Dalam rangka kelancaran dan kenyamanan masyarakat yang hendak melakukan penukaran melalui layanan kas keliling, masyarakat perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

Baca juga: Reses ke Air Haji, Petani Karet Keluhkan Rendahnya Harga Beli ke Mukhlis Yusuf Abit

  • 1. Layanan penukaran hanya melayani penukaran dari pecahan besar ke pecahan kecil. Oleh karena itu, pecahan yang diterima adalah Rp100.000,00 dan Rp50.000,00;
  • 2. Uang Pecahan Kecil yang disediakan untuk penukaran adalah Rp20.000,00; Rp10.000,00; Rp5.000,00; dan Rp2.000,00;
  • 3. Sebelum melakukan penukaran, uang pecahan besar agar dirapikan dan disusun sesuai urutan pecahan;
  • 4. Memperhatikan keamanan saat menuju atau meninggalkan lokasi kegiatan penukaran.

Selain itu, Bank Indonesia Sumatera Barat mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan penukaran melalui jasa perorangan karena berisiko kemungkinan diselipkan uang palsu, jumlah lembar tidak sesuai dan adanya biaya tambahan sebagai biaya jasa.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: