Rita Irawati Priatna, Enterpreneur yang Sadar Perlunya Kemandirian Perfilman Indonesia

Selasa, 26 Maret 2019, 19:54 WIB | Kuliner | Nasional
Rita Irawati Priatna, Enterpreneur yang Sadar Perlunya Kemandirian Perfilman Indonesia
Entrepreneur wanita dari industri dunia hiburan, Rita Irawati Priatna akan bertarung memperebutkan suara rakyat untuk DPR RI dari Jabar IV meliputi Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi pada pemilu 2019. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Mungkin saja dunia politik merupakan rimba baru bagi Rita. Namun ia punya modal kuat: pantang menyerah. "Saya hadir untuk membangun Sukabumi, mewakafkan segala kemampuan yang saya miliki untuk berjuang bersama-sama masyarakat," ujar Wakil Sekretaris Jenderal Partai Berkarya itu.

Kemandirian

Sebagaimana partainya yang fokus mengedepankan kemandirian sebagai tujuan utama perjuangan, Rita pun demikian. Rita yang memiliki basis keyakinan untuk memberantas ketidakadilan dan korupsi itu yakin bisa memperjuangkan kemandirian perfilman nasional.

Baca juga: Ketua Projo Pessel Lirik Partai Bekarya untuk Bertarung di Pilkada

Ia melihat begitu banyak budaya bangsa tersia-sia karena insan film nasional sendiri memilih mengedepankan budaya konsumtif yang tidak khas Indonesia sebagai pilihan tema. Rita melihat tak banyak kearifan local mengemuka dalam cerita-cerita film kita.

Semua itu menjadikan film nasional pun ikut terasa sebagai karya elit yang tidak merakyat. "Jarang sekali film layar lebar yang dibuat berdasarkan apa yang hidup di masyarakat," kata dia. "Saya ingin membuat film yang prosesnya menggerakkan dan melibatkan banyak masyarakat, yang nantinya juga bisa dinikmati oleh masyarakat."

Film-film yang dibuat dengan komitmen seperti itu, kata Rita, pasti akan mengambil dan mengeksplorasi sebanyak mungkin kearifan lokal dan budaya masyarakat.

"Bila film-film Hollywood bahkan mulai melirik kearifan lokal berbagai masyarakat tradisional dunia, mengapa kita yang punya banyak kearifan lokal dan budaya justru tak memanfaatkan momentum dilirik kembalinya budaya lokal ini," tegasnya.

Rita jelas tak sekadar bertanya. Ia sudah punya tekad dan bukti memperjuangkannya. (rls/kyo)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: