Kampanye Terbuka Capres 02 di Padang Petjah

Selasa, 02 April 2019, 20:11 WIB | Wisata | Nasional
Kampanye Terbuka Capres 02 di Padang Petjah
Capres 02 Prabowo Subianto mengenakan deta, ikat kepala khas pandeka Minang, saat berorasi di kampanye terbuka di Danau Cimpago, Padang, Selasa (2/4/2019). (fb novermal yuska)

VALORAnews - Jumlah massa yang menghadiri kampanye terbuka pasangan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dari ruas Jalan Samudera Padang, Selasa (2/4/2019), jadi perdebatan sejumlah warganet. Ada yang menaksir 1 juta orang, namun banyak yang menilai berada di kisaran angka 100 ribuan orang.

"Jumlah massa ini sekitar 1 juta. Pantesan macet total usai kampanye di seputaran Kota Padang Selasa sore. Parkir mobil sampai di jalan-jalan tikus di luar kawasan pantai," tulis Indra Sakti Nauli di akun media sosialnya, Selasa malam.

Indra Sakti Nauli pun mengurai perkiraannya terhadap jumlah massa dengan metode tersendiri. "Perkiraan panjang massa dari pentas utama, bila diulur ke depan ada sekitar 1.000 meter. Lebar median jalan yang dipenuhi peserta kampanye, diukur rata-rata 50 meter. Bila 1 meter persegi bisa muat 4 orang, ini dalam keadaan lapang, maka 1 juta orang yang hadir itu angka yang layak dipercaya," urainya.

Massa yang datang ini, terangnya, merupakan mobilisasi pendukung Capres nomor urut 2 ini dari 19 kabupaten/kota yang ada di Sumbar. "Ruas Jalan Veteran, Jalan Karet, Ujung Gurun penuh parkiran. Sepanjang Jalan Ahmad Yani dan Olo Ladang, S Parman depan Hotel Pangerans dan pasar pagi macet," kata Indra Sakti Nauli menepis keraguan warganet terhadap perkiraan jumlah massa yang hadir.

Baca juga: Prabowo Subianto Perintahkan Erman Safar Cat Ulang Stadion Ateh Ngarai

Sementara, Caleg PAN untuk DPRD Pessel, Novermal di akun media sosialnya mengilustrasikan keramaian masa pendukung dengan istilah anak milineal, petjaaah. "Padang Petjaaaah. Ranah Minang bergelora menangkan Prabowo-Sandi. Insyaa Allah, #02presidenterdePAN wujudkan Indonesia Adil dan Makmur," tulis Novermal.

Ramainya massa yang hadir, juga jadi sesuatu yang mengejutkan bagi Prabowo. "Maaf saya tidak bisa berikan sembako, tak bisa memberikan amplop, saya tak menduga kalian bisa datang sebanyak ini, tapi saya siap memberikan jiwa dan raga," kata Prabowo Subianto dengan suara baritonnya.

Prabowo tampil di panggung utama, mengenakan safari berkantong empat (dua dibagian dada dan sisanya di bagian bawah-red) yang telah jadi ciri khasnya. Pakaian berkantong banyak ini, seperti kostum wajib bagi setiap kader Partai Gerindra. Selain itu, Prabowo juga mengenakan deta, semacam ikat kepala yang kerap dipakai para pesilat di Ranah Minang. Diketahui, Prabowo pernah menjabat Ketua IPSI pusat.

Baca juga: Gerindra Bukittinggi Usulkan Gibran Rakabuming Raka jadi Cawapresnya Prabowo Subianto

Prabowo pun menyatakan kebanggaannya dengan kehadiran ribuan pendukungnya saat kampanye tersebut. "Maaf saya tak bisa memberikan apa-apa atas militansi yang kalian perlihatkan," tegasnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: