Pasaman Barat Ujicobakan Samsat Terpusat

Sabtu, 30 Maret 2019, 08:09 WIB | Wisata | Kab. Pasaman Barat
Pasaman Barat Ujicobakan Samsat Terpusat
Pengecekan kelancaran aplikasi oleh Kanit Regident Ipda Wi Hadi bersama tim dari Dirlantas Polda Sumbar di Samsat Nagari Air Bangis. (istimewa)

VALORAnews - Ujicoba pengimplementasian sistem Samsat Terpusat dilakukan di Pasaman Barat pada 27 Maret hingga 1 April 2019. Tim IT dari UPT Sistem Informasi Badan Keuangan Daerah Propinsi Sumatera Barat melakukan fasilitasi, sosialisasi dan pendampingan terhadap aparatur pelayanan publik di Samsat Pasaman Barat (UPTD PPD di Simpang Ampek).

Pembenahan layanan ini diharapkan untuk memudahkan wajib pajak serta masyarakat untuk mengakses pelayanan pembayaran pajak kendaraan. Selain itu, juga dibuka pelayanan Samsat Nagari yang diujicoba di kantor wali nagari Air Bangis yang beroperasi mulai Kamis (28/3/2019). Juga diujicobakan Samsat Keliling di Silaping.

Kepala UPT SI Badan Keuangan Daerah Sumbar, Ahmad Suhendri menyampaikan, melalui layanan Samsat Nagari dan Keliling ini, masyarakat dapat mengakses pembayaran pajak kendaraan seri plat nomor seluruh Sumatera Barat, pembayaran pajak kendaraan plat hitam, plat kuning dan plat merah, data kendaraan terpusat, pengembangan fitur layanan, konsistensi laporan yang semuanya akan bermuara kepada pencapaian target pendapatan daerah.

Senada dengan itu, Kepala UPTD PPD di Simpang Ampek, Wendri menyambut baik implementasi ini di Pasaman Barat dengan menyediakan sarana dan prasarana serta akses lainnya. Hal ini dilakukan agar pelayanan di Samsat bisa berjalan dengan lebih sempurna dan memudahkan masyarakat Pasaman Barat dalam membayar pajak kendaraannya.

Baca juga: Dinas Perkimtan Sosialisasikan Tahapan Pembangunan Ulang Rumah Rusak Akibat Gempa Pasbar Tahun 2022

"Kita lakukan secara learning by doing. Yang paling penting, dengan sistem baru ini, Bank Nagari sebagai Kas Daerah langsung terlibat dalam pemungutan pajak pada titik-titik Samkel di Pasaman Barat sebagai kasir pembayaran pajak. Artinya, petugas Samsat dari Badan Keuangan Daerah Propinsi Sumatera Barat tidak lagi bersentuhan dengan uang pembayaran pajak," kata Wendri.

Secara bersama, pada Kamis (28/3/2019), Pembukaan Layanan Samsat Nagari di Air Bangis Pasaman Barat dilakukan Wendri bersama Ipda Irawandy (mewakili Dirlantas Polda Sumbar) yang didampingi Kanit Regident Polres Pasbar Ipda Wi Hadi, Akbar (Koord. Perwakilan Jasa Raharja Cab. Bukittinggi), Zirwan (Kacab Nagari Ujunggading) dan Efit Syahrial (Walinagari Air Bangis).

Kegiatan ini didukung dan disupervisi oleh Tim IT Badan Keuangan Daerah Propinsi Sumatera Barat yang dipimpin Suhendri, Kepala UPT SI B Keuda. (rls)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: