CPNS Solsel Dimagangkan di 4 OPD

Rabu, 27 Maret 2019, 21:21 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
CPNS Solsel Dimagangkan di 4 OPD
Sekretaris daerah Solok Selaran, Yulian Efi. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sebanyak 192 orang calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) diberikan pembelajaran atau magang di 4 organisasi perangkat daerah (OPD), di antaranya Bappeda, BPKD, Inpektorat dan BKPSDM.

Sekretaris Daerah Solsel, Yulian Efi mengatakan, mulai 1 April 2019, seluruh CPNS Solsel 2019 sudah mulai mengabdikan dirinya di kabupaten yang berjulukan Saribu Rumah Gadang itu.

Selama satu bulan, CPNS akan diberikan orientasi atau magang di 4 OPD. Di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), jelas Yulian Efi, CPNS akan diajari tentang proses penganggaran dan perencanaan pembangunan.

"Jangan haya minta uang saja, bagaimana proses anggaran tersebut saudara juga harus tahu," jelasnya.

Baca juga: Saingi PNS, PPPK Jadi Pekerjaan Menantu Idaman Berikutnya? Ini Dia Perbedaan ASN dan Pegawai Kontrak

Pada kantor Badan Pemeriksaan Keuangan Daerah (BPKD), CPNS juga akan diajari proses pembayaran karena sekarang pembayaran sudah bersifat non tunai dan juga bagaimana proses permintaan uang.

Di kantor Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), CPNS akan diajarkan untuk mengimplementasikan Peraturan Pemerintah No 53 Tahun 2010 tentang Disiplin ASN.

"Berapa hari saudara boleh tidak masuk kerja, sehingga sanksinya bagaimana, mulai dari teguran satu hingga diberhentikan secara tidak hormat," jelas Yulian Efi.

Sementara itu, pada OPD Inspektorat, CPNS Solsel 2019 akan diberikan pembekalan dan pembelajaran tentang pengawasan dan pengendalian keuangan daerah.

Baca juga: Pekerjaan Impian Orang Indonesia, Tunjangan Gaji PNS Capai Rp117 Juta, Pantas Banyak yang Minat

Dia mengatakan, seluruh CPNS akan dibagi menjadi empat kelompok, masing-masing kelompok lebih kurang 50 orang, dan akan ditempatkan di satu OPD selama 1 minggu secara bergantian, sehingga semua CPNS bisa magang pada empat OPD yang telah ditentukan tersebut.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: