Yayasan Tirto Utomo Bantu Revitalisasi 2 Unit Rumah Gadang di Solsel

Minggu, 17 Maret 2019, 17:48 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Yayasan Tirto Utomo Bantu Revitalisasi 2 Unit Rumah Gadang di Solsel
Kaum Dt Bagindo Sati dan masyarakat Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu serta jajaran pemerintahan Solsel, gelar tradisi makan gadang, sebagai tanda dimulainya proses revitalisasi dua unit rumah gadang yang dibantu Yayasan Tirto Utomo, di kawasan SRG,
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Saya akan bantu tapi tolong sampaikan kepada masyarakat bahwa rasa kegotongroyongan itu ditimbulkan kembali," ujar Nofrins menyampaikan pesan Lisa Tirto Utomo.

Nofrins menambahkan, dipilihnya rumah gadang kaum Dt Bagindo Sati untuk direvitalisasi berdasarkan proses yang cukup lama. Yang paling mendasari adalah Yayasan Tirto minta rumah gadang yang memiliki area halaman yang cukup luas, sehingga bisa dipakai untuk menampilkan kesenian tradisional kalau ada wisatawan bisa menarik dan menunjukkan kesenian Solok Selatan.

"Rumah gadang ini belum masuk program revitalisasi saribu rumah gadang dari Kementerian PUPR," ujar Nofrins.

Baca juga: Revitalisasi Rumah Gadang Solsel Butuh 685 Meter Kubik, Ini Jenis Kayunya

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok Selatan, Harri Trisna mengatakan, desain rumah gadang yang akan direvitalisasi Yayasan Tirto Utomo telah selesai dibuat. Dia mengharapkan tukang bekerja berdasarkan desain tersebut, karena desain itu telah diperiksa oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya Sumetara Barat. (rls)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: