BLUD Puskesmas Padang Dipelajari Lampung Timur

Senin, 05 November 2018, 20:55 WIB | News | Kota Padang
BLUD Puskesmas Padang Dipelajari Lampung Timur
Sekda Padang, Asnel bersama Feri Mulyani (Kadinkes) foto bersama dengan rombongan Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim, di Ruang Abu Bakar Ja'ar Balaikota, Senin (5/11/2018). (humas)

VALORAnews - Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang diterapkan Puskesmas di Kota Padang, mampu menginspirasi Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Sehingga dengan itu, rombongan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur yang dipimpin Bupati Chusnunia Chalim, melakukan kaji tiru dengan menyambangi Kota Padang, Senin (5/11/2018). Walikota Padang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Asnel menyambutnya, dengan diskusi bersama di Ruang Abu Bakar Ja'ar Balaikota.

Sekda mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang menyambut baik kunjungan kerja (kunker) dari Pemkab Lampung Timur tersebut. Sejak 2016, terangnya, Puskesmas di Kota Padang telah menerapkan PPK-BLUD.

Hal ini dilakukan agar lebih efektif dan efisien dalam pelayanan. Pola ini juga sejalan dengan praktek bisnis yang sehat berdasarkan kewenangan yang didelegasikan oleh kepala daerah.

"Dengan pola pengelolaan keuangan BLUD, diharapkan semua Puskesmas di Kota Padang memberikan pelayanan lebih efektif dan efisien," paparnya.

Seiring dengan kebutuhan dan tuntutan akreditasi Puskesmas, kata Asnel, pada 2018 ini dibentuk PPK-BLUD untuk masing-masing Puskesmas agar lebih fleksibel dalam pengelolaan keuangannya. Persiapan dan pendampingan dilakukan oleh BPKP perwakilan Provinsi Sumatera Barat.

Sementara, penilaian akan dilakukan secara bertahap mulai dari self assessment sampai penilaian oleh tim teknis penilai Kota Padang dan diharapkan kedepan akan berstatus BLUD penuh.

"Dengan ini PPK-BLUD memberikan keleluasaan bagi Puskesmas dalam penggunaan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari pasien secara langsung yang tidak harus disetorkan lebih dulu ke kas negara," ujar Asnel didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang Feri Mulyani dihadapan rombongan tersebut.

Feri Mulyani menambahkan, penerapan PPK-BLUD memang penting dilakukan, karena bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang atau jasa, tanpa mengutamakan mencari keuntungan yang didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

"Atas dasar inilah, maka pada 2015 lalu, Puskesmas di Kota Padang mulai mempersiapkan diri untuk menuju Puskesmas BLUD. Dengan adanya beberapa pertimbangan, maka penerapan PPK-BLUD Puskesmas berubah menjadi satu lembaga yang mengelola keuangan 22 Puskesmas dalam 1 PPK-BLUD (holding)," terangnya.

Menurutnya, PPK-BLUD Holding, sejauh ini berjalan cukup baik. Karena kebutuhan dan tuntutan akreditasi serta untuk meningkatkan kompetisi pelayanan antar Puskesmas, maka diputuskan agar Puskesmas mulai menerapkan PPK-BLUD per-Puskesmas, masing-masing pada 2018.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: