Senam Maumere Akhiri Simulasi Pengamanan Pemilu di Polres Solsel

Rabu, 17 Oktober 2018, 20:47 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Senam Maumere Akhiri Simulasi Pengamanan Pemilu di Polres Solsel
Peragaan simulasi pengamanan pemilu 2019 dengan berbagai skenario kerusuhan. Mulai dari tingkat TPS hingga proses rekapitulasi penghitungan suara ditingkat KPU. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Simulasi sendiri dimulai dengan pengamanan masa kampanye para calon, kemudian dilanjutkan ketika pencoblosan. Dalam kampanye juga digambarkan adanya kampanye hitam oleh calon serta penyebaran berita hoax yang menyebabkan perpecahan.

Setelah itu, kepolisian melakukan jumpa pers untuk meluruskan berita hoax serta mengamankan pelaku kampanye hitam. Selanjutnya, dilakukan pencoblosan dan penghitungan suara dan digambarkan saat penghitungan ada kelompok yang menolak dan melakukan demo untuk menuntut pemilihan ulang di satu kecamatan dan berakhir ricuh.

Pihak keamanan berhasil menenangkan pendemo, kemudian KPU membawa kotak suara untuk dilakukan rekap kabupaten.

Baca juga: DPRD Solsel Konsultasikan Pelaksanaan Tindak Lanjut Rekomendasi DPRD atas LKPj Kepala Daerah

Saat diperjalanan, mobil KPU dihadang sekelompok orang dan mencoba merampas surat suara sehingga polisi harus turun tangan. Petugas kepolisian berkelahi dengan kelompok penjegalan tersebut dan berhasil melumpuhkannya dan mengamankan pelaku diiringi tepuk tangan penonton. Akhirnya surat suara dibawa ke KPU.

Penghitungan di KPU kembali diwarnai demo dan berakhir ricuh, sehingga polisi harus menembakkan gas air mata serta memukul mundur masa dengan mobil water cannon. Polisi juga berhasil menangkap provokator saat demo dan masa bisa dipukul mundur hingga membubarkan diri.

Masa yang merasa kesal selanjutnya membakar pos polisi, sehingga mobil pemadam juga harus diturunkan guna memadamkan api di pos tersebut.

Simulasi pengamanan pemilu sendiri diakhiri dengan Senam Maumere yang dipimpin Polwan dan seluruh petugas juga ikut senam termasuk Kapolres, Kajari dan para kepala OPD.

Turut hadir Sekda Solok Selatan, Yulian Efi, Kepala Kejaksaan Negeri M Rohmadi, Perwira Penghubung Kodim 0309 Solok Mayor Infantri Inyoman Putra Yasa, Ketua Kapu Nila Puspita, Ketua Bawaslu M Anshar beserta kepala OPD. (rls)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024