Rumah Gadang Panjang Raih 67 Persen Vote di API, Yolni: Jangan Lengah

Selasa, 16 Oktober 2018, 19:20 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Rumah Gadang Panjang Raih 67 Persen Vote di API, Yolni: Jangan Lengah
Rumah Gadang Panjang yang berada di Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, Solok Selatan. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Destinasi wisata Rumah Gadang Panjang di Abai, Kabupaten Solok Selatan (Solsel), masih menduduki peringkat pertama pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018, kategori 10 situs sejarah terpopuler.

Hasil vote sementara, Rumah Gadang Panjang unggul jauh dari sembilan pesaingnya dengan mengantongi 67 persen vote per 30 September 2018.

"Terimakasih buat seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi memberikan dukungannya untuk Rumah Gadang Panjang. Saat ini masih nomor 1 dan semoga per 31 Oktober nanti tetap jadi pemuncak," harap Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Solsel, Yolni Hendra.

Sejauh ini, lanjut Yolni, Rumah Gadang Panjang masih terus memimpin perolehan vote, belum pernah tertinggal sekali pun. Pesaing terdekatnya saat ini datang dari Kabupaten Fakfak, Papua Barat dengan destinasi Patung Mejan-nya yang telah meraup 12 persen vote.

Baca juga: Bupati Solsel Ingatkan Pentingnya Wujudkan Jalan Tembus ke Dharmasraya

Untuk mendukung Rumah Gadang Panjang pada API 2018, jelasnya, bisa melalui pesan singkat atau SMS dengan cara ketik API 10J kirim ke 99386. Sedangkan melalui vote lain bisa mengunduh aplikasi API di google playstore appstore.

"Pemberian dukungan melalui SMS dan vote sudah dimulai sejak 1 Juni dan berakhir pada 31 Oktober 2018 mendatang. Dalam ajang serupa, Saribu Rumah Gadang dulunya berhasil menjadi yang terpopuler dengan vote yang signifikan yaitu 50,19 persen. Rumah Gadang Panjang kita harap juga demikian," ujarnya.

Dia mengatakan, pada situs sejarah terpopuler Rumah Gadang Panjang memiliki sembilan saingan yaitu Benteng Balgija di Maluku Tengah, Benteng Otanaha di Gorontalo.

Selanjutnya, Candi Singosari di Malang, Goa Liangkabori Kabupaten Muna, Istana Kuning Waringin Barat, Kota Tua Jakarta Utara, Patung Mejan Fakfak Papua, Pugung Raharjo Lampung Timur dan rumah Bung Karno Bengkulu.

Baca juga: Warga Solsel Diingatkan Bijak Gunakan Medsos di Momen Pilkada

Pemkab Solsel, tambahnya, berharap semua pihak yang mendukung Rumah Gadang Panjang menjadi situs bersejarah terpopuler termasuk seluruh masyarakat, agar tidak mengendorkan dukungannya. Hal ini supaya Rumah Gadang Panjang Abai bisa meraih kesuksesan pada ajang tersebut. (rls)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: