Organisasi Merupakan Kesempatan Latihan Jadi Pemimpin

Sabtu, 15 September 2018, 18:12 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Organisasi Merupakan Kesempatan Latihan Jadi Pemimpin
Akademisi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unand, Hary Efendi Iskandar bersama Firdauz Diezo (moderator) pada "Kursus Kepemiluan bagi Pemilih Pemula" kerjasama KPU Padang dengan Forum OSIS Kota Padang, Sabtu (15/9/2018) di aula KPU Padang. (mangindo kayo/valora
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Anak muda harus memiliki spirit dan mimpi besar, agar bisa jadi pemimpin tangguh di masa depan. Latihan jadi pemimpin itu, salah satunya ikut organisasi baik intra maupun ekstra sekolah.

Demikian dikatakan akademisi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unand, Hary Efendi Iskandar pada "Kursus Kepemiluan bagi Pemilih Pemula" kerjasama KPU Padang dengan Forum OSIS Kota Padang, Sabtu (15/9/2018) di aula KPU Padang.

"Organisasi melatih kita untuk peduli, peka dan menumbuhkan rasa solidaritas pada persoalan yang dihadapi orang banyak. Siapa lagi yang harus mengurusnya, jika bukan orang-orang yang merelakan waktunya habis diorganisasi," kata Hary dalam kursus dengan moderator Alumnus Faculty of Law UKM Malaysia, Firdaus Diezo.

Dimata Hary, jika pengurus OSIS dihadapkan pada dua agenda bersamaan antara belajar di kelas atau menjalankan tugas-tugas organisasi, maka pilihan yang diambil itu mestinya meninggalkan bangku sekolah.

Baca juga: Aplikasi Silon Macet Saat PKS-Demokrat Daftarkan M Iqbal-Amasrul ke KPU Padang

"Belajar di kelas itu hanya untuk kepentingan pribadi kita. Jika memilih belajar, maka kita kehilangan kesempatan untuk menumbuhkan sikap kepedulian, peka dan solidaritas yang mesti dimiliki seorang pemimpin. Adik-adik adalah calon pemimpin di masa depan," ujar Hary yang juga Sekjen BEM Unand 1998/1999.

Hary mengapresiasi siswa di Padang yang telah berhimpun dalam sebuah forum. Dimana, forum ini juga turunan dari organisasi nasional bernama Forum OSIS Nusantara.

"Di era saya sekolah, ini tak ada. Beruntung lah adik-adik yang tergabung dalam organisasi ini sehingga memiliki kesempatan melatih diri mengurus orang banyak," terangnya.

Kursus ini juga diisi dengan sesi tanya jawab. Banyak hal ditanyakan mulai dari sistem kepemiluan hingga persoalan bersilewerannya berita hoaks. (kyo)

Baca juga: Ini Jadwal 3 Paslon Wako-Wawako Padang Pilkada 2024 Mendaftar ke KPU Padang

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: