Siswa SMKN 7 Padang Bertolak ke Aceh Wakili Sumbar

Sabtu, 25 Agustus 2018, 16:44 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Siswa SMKN 7 Padang Bertolak ke Aceh Wakili Sumbar
Rombongan SMKN 7 Padang, foto bersama jelang berangkat ke Aceh untuk mengikuti FLS2N tingkat nasional, Sabtu (25/8/2018). (istimewa)

VALORAnews - Rombongan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMKN) 7 Padang, Sumatera Barat bertolak ke Aceh, Sabtu (25/8/2018). Rombongan yang terdiri dari 16 orang tersebut akan berkompetisi membela Sumatera Barat di ajang Festival Lomba Seni dan Sastra Nasional (FLS2N) 2018.

Wakil Kepala Bidang Kehumasan SMKN 7 Padang, Agrijum menyebutkan, siswa yang diberangkatkan terdiri dari penari, penata musik dan penata panggung serta guru pendamping. SMKN 7 Padang menjadi Juara I pada FLS2N tingkat Provinsi Sumatera Barat beberapa waktu lalu, sehingga berhak mewakili Sumatera Barat untuk FLS2N tingkat nasional.

"Penari terdiri dari lima orang, ditambah pemusik yang diambil dari anak-anak jurusan karawitan serta penata panggung dari anak-anak teater," katanya.

Para siswa akan didampingi tiga orang guru yaitu Alfita sebagai pembimbing tari, Devi Hasri sebagai pembimbing karawitan dan Yummartyas sebagai pembimbing teater.

Baca juga: OJK Tutup BPR Lubuk Raya Mandiri Lubuk Begalung, Ini Alasannya

Siswa SMKN 7 Padang dalam ajang bergengsi bidang seni dan sastra siswa SMA dan SMK tingkat nasional ini nantinya akan menampilkan Tari Puti Bungsu.

Menurut salah seorang penari yang juga bertindak sebagai penata tari (koreografer), Desvy Sagita Ramadhyanti, tema yang diangkat ke dalam gerak tari tersebut mengambil kisah tentang pertemuan seorang bidadari dengan seorang pemuda Minang bernama Malin Deman.

"Cerita rakyat ini menarik sehingga dituangkan ke dalam gerak tari," ungkap Desvy.

Dia menambahkan, gerak tari Puti Bungsu yang dimainkan, sarat dengan seni gerak silat tradisional Minangkabau yang ditata sedemikian rupa sehingga melahirkan gerak tari yang indah. Cerita Puti Bungsu menurutnya merupakan pertemuan dua insan berbeda alam sehingga tata musik dan panggung sedikit sarat dengan nuansa mistik.

Baca juga: 45 Anggota DPRD Padang Ikuti Bimtek di Masa Sidang II Tahun 2024, Ini Fokus Pembahasan

Ketua Komite SMKN 7 Padang, Ismart Welly mengapresiasi prestasi yang dicapai tersebut. Dia berharap, keberangkatan siswa SMKN 7 Padang ke Aceh mampu meraih prestasi yang membanggakan.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: