Ratusan Miliar Dikucurkan untuk Normalisasi Total Batang Bangko

Rabu, 08 Agustus 2018, 19:09 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Ratusan Miliar Dikucurkan untuk Normalisasi Total Batang Bangko
Proyek pengerjaan pembangunan sarana dan prasarana pengendalian sungai Batang Bangko di Muara Labuh Solok Selatan. (diky lesmana/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria menyatakan proyek rekontruksi aliran sungai Batang Bangko dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) RI, akan dilakukan secara keseluruhan. Menyusul, sungai tersebut merupakan rawan luapan air yang berakibat banjir.

"Pengerjaan proyek pembangunan sarana dan prasarana pengendalian banjir serta sedimen di sungai Batang Bangko akan dilakukan secara total atau keseluruhan," katanya.

Menurut Kemen-PUPR, pembangunan sarana dan prasarana pengendalian banjir dan sedimen Batang Bangko ini diperlukan, karena setiap tahunnya terjadi banjir di Solok Selatan. Yang terparah dalam 20 tahun yaitu pada 2016 yang merendam rumah warga hingga 2000 rumah.

"Apalagi keberadaan objek wisata Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) berbatasan langsung dengan Batang Bangko," jelasnya.

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

Rencananya, pembangunan itu dilakukan secara bertahap. Untuk anggaran 2017-2018, disediakan dana APBN kurang lebih Rp110 Miliar. Tahap I dari IV tahap yang direncanakan dengan total anggaran mencapai Rp650 Miliar.

Kemudian, dalam perencanaannya pinggiran sungai yang berada di kawasan SRG tersebut juga akan di-design sebagai areal destinasi wisata yang akan menunjang SRG, dengan menara pandangnya, jembatan wisata, wisata kuliner.

"Mudah-mudahan, pelaksanaan pembangunan ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan jadwal serta target dari Kemen-PUPR," pungkasnya. (dky)

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: