Padang Selatan Targetkan Tuntaskan Imunisasi Rubella dalam Tiga Bulan

Sabtu, 04 Agustus 2018, 22:54 WIB | News | Kota Padang
Padang Selatan Targetkan Tuntaskan Imunisasi Rubella dalam Tiga Bulan
Camat Padang Selatan, Fuji Astomi foto bersama dengan masyarakat setempat, usai menandatangani pencanangan komitmen lintas sektor imunisasi Meases Rubella (MR) Kecamatan Padang Selatan, Kamis (2/8/2018).

VALORAnews - Camat Padang Selatan, Fuji Astomi mengatakan, dalam tiga bulan kedepan seluruh wilayahnya telah melakukan imunisasi Rubella.

"Kita mulai dari masyarakat melalui Posyandu dan Puskesmas," paparnya saat menandatangani pencanangan komitmen lintas sektor imunisasi Meases Rubella (MR) Kecamatan Padang Selatan, Kamis (2/8/2018).

Sejak dicanangkan walikota Padang sehari sebelumnya, Padang Selatan jadi kecamatan pertama yang langsung melaksanakan program tersebut.

Menurut Kepala Puskesmas Pemancungan, dr Sari Ramadhani, Meseas Rubella atau Campak Jerman adalah penyakit yang disebabkan virus yang ditularkan melalui udara. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja. Penularannya dapat melalui kontak langsung dengan si penderita.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Virus ini sangat berbahaya, apabila menyerang ibu hamil karena akan mengakibatkan cacat pada bayi yang dilahirkan sampai berakibat kematian.

"Ibu hamil yang terserang virus MR, akan melahirkan bayi cacat seperti buta, tuli bahkan kebocoran jantung hingga kematian," ungkapnya.

Selain itu, bayi yang dilahirkan seorang ibu yang terkena MR, dapat terkena penyakit Celebral Palsy atau terhambatnya pertumbuhan dan kelumpuhan.

Menurut Sari, saat ini Indonesia berada pada peringkat keenam di dunia sebagai negara yang rentan terhadap virus MR. Sementara, kecamatan Padang Selatan sendiri memiliki kerentanan 7 persen dari 11 kecamatan di kota Padang.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

"Selain melakukan imunisasi, meningkatkan pola hidup bersih adalah salah satu cara efektif dalam mencegah penyebaran virus tersebut," terangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: