Mahyeldi Minta Warga di Hulu dan Hilir Tidak Buang Sampah ke Sungai

Minggu, 29 Juli 2018, 16:01 WIB | News | Kota Padang
Mahyeldi Minta Warga di Hulu dan Hilir Tidak Buang Sampah ke Sungai
Komut BRI, Andrinof A Chaniago bersama Wako Padang, Mahyeldi dt Marajo dan kepala daerah lainnya di Sumbar, menjaring sampah di aliran Batang Arau pada Gerakan Bersih Sungai yang dicanangkan, Ahad (29/7/2018) pagi di Padang. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Pembersihan aliran Batang Arau dari sampah, Ahad pagi (29/7/2018), digotong-royongkan secara bersama-sama melalui aksi "Gerakan Sungai Bersih" yang diinisiasi Komisaris Utama BRI, Andrinof A Chaniago.

Untuk kegiatan ini, enam BUMN pun saling bersinergi. Antara lain Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pegadaian, Telkom Indonesia, Pertamina, Angkasa Pura II, hingga Pelindo II. Pemerintah Kota (Pemko) Padang serta TNI dan Polri juga komunitas lintas sektoral, ikut bersinergi.

Kegiatan ini juga dihadiri Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Pemulihan Lingkungan, Karliansyah, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Kapolresta Padang, Dandim 0312/Padang serta enam BUMN serta dari akademisi perguruan tinggi di Padang dan mahasiwa dari mancanegara.

Di samping peluncuran dan deklarasi Gerakan Sungai Bersih, semua unsur melakukan aksi pemungutan sampah di Batang Arau dengan menggunakan sejumlah perahu motor dan juga di daratan sungai.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

Andrinof menyebutkan, diperkirakan selama enam bulan setelah ini, pihaknya siap menyulap Batang Arau jadi sungai yang bersih dan indah. Program dan upaya ini, diharapkan dapat dilakukan secara massif dengan melibatkan berbagai kalangan yakni dukungan Pemko Padang serta seluruh elemen dan juga masyarakat setempat.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kita untuk mendorong kawasan ini jadi destinasi wisata yang indah dan bebas sampah. Sehingga, bermuara terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan dan meningkatnya ekonomi masyarakat di kawasan ini ke depan," jelas Andrinof dalam sambutannya pada puncak kegiatan yang dilangsungkan di lapangan MIN 7 Seberang Palinggam itu.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengapresiasi kegiatan aksi dan program yang diinisiasi Andrinof A Chaniago tersebut, sembari meminta Pemko Padang dapat menindaklanjutinya.

"Kalau sungai ini bersih, tentu akan bermanfaat khususnya bagi warga sekitar di samping untuk kemajuan pariwisata Padang ke depan," ucapnya.

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

Selanjutnya, Irwan berharap, gerakan seperti ini juga dapat dilakukan tidak hanya di Padang, namun juga di seluruh kabupaten/kota yang memiliki sungai-sungai berpotensi untuk pariwisata.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: