Penumpang Lion Air Kedapatan Merokok di Toilet Pesawat, Ini Sanksinya

Kamis, 05 Juli 2018, 17:22 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
Penumpang Lion Air Kedapatan Merokok di Toilet Pesawat, Ini Sanksinya
Petugas Avsec Lion Air beserta petugas keamanan terkait, memintai keterangan seorang penumpang yang kedapatan merokok dalam pesawat (jaket abu-abu) saat dalam perjalanan dari Kualanamu Medan ke BIM Padang, Kamis (5/7/2018). (humas)

VALORAnews - Seorang penumpang Lion Air, AGS, kedapatan merokok di toilet oleh crew pesawat, saat dalam perjalanan dari Kualanamu Medan ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang, Kamis (5/7/2018).

"Penumpang itu berada pada penerbangan JT 131 rute Mes - Pdg. Si anak muda ini melakukan kesalahan konyol dengan merokok di toilet pesawat disaat sedang terbang," ungkap Humas PT AP2 BIM, Fendrick Sondra melalui pesan singkat, Kamis sore.

Menurut Fendrick, merokok di dalam toilet pesawat ini pasti akan ketahuan oleh crew pesawat. Hasilnya yang bersangkutan akan diberikan sanksi oleh maskapai Lion Air.

"Sanksi bagi perokok di dalam pesawat adalah tidak boleh terbang seumur hidup dengan maskapai Lion Air Group," terangnya.

Baca juga: Ini Penjelasan Lion Air Soal JT 145 Rute BIM-Batam Kembali ke Bandara Asal

"Kasus dia juga akan disampaikan ke maskapai lainnya, yang berguna untuk menjadi pembelajaran bagi penumpang lainnya. Bahwa, pelanggaran di udara akan berdampak sangat tidak bagus, baik untuk yang bersangkutan maupun penerbangan itu sendiri," jelasnya.

Begitu mendarat di BIM, terangnya, yang bersangkutan langsung dimintai keterangan oleh personel Avsec Lion Air beserta pihak terkait di bandara.

"Dia diminta membuat perjanjian yang ikut ditandatangani oleh orang tuanya yang langsung datang ke bandara untuk menyelesaikan permasalahan si anak," terangnya.

Secara umum, jelas Fendrick, sirkulasi udara di pesawat udara akan menjadi terganggu saat ada penumpang yang merokok di dalam pesawat. Hal ini tentu akan membuat penumpang lain tidak nyaman.

Baca juga: Lion Air 'Putar Kepala' ke Bandara Minangkabau, Masker Oksigen Sempat Keluar

"Hampir semua penerbangan yg ada didunia, telah melakukan penerbangan tanpa asap rokok. Untuk sistem mungkin dalam jumlah banyak akan dideteksi oleh smoke detector pesawat. Karena asap, adalah hal yang paling ditakutkan dalam dunia penerbangan. Apalagi di udara," terangnya. (kyo)

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: