Forkopimda Padang Telisik Selisih Data Pemilih di Sidoarjo dan Malang

Sabtu, 12 Mei 2018, 20:52 WIB | News | Kota Padang
Forkopimda Padang Telisik Selisih Data Pemilih di Sidoarjo dan Malang
Pjs Wako Padang, Alwis bertukar cenderamata dengan Wakil Bupati Sidoarjo, Win Hendrarso di pendopo rumah dinas bupati, Jumat (11/5/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Kunjungan ini juga sebagai studi perbandingan Kota Padang yang tengah menghadapi pemilihan walikota dan wakil walikota agar keberhasilan serupa juga bisa terlaksana dan target partisipasi pemilih bisa menyentuh 70 persen," kata Alwis saat diterima Wakil Bupati Win Hendrarso di Pendopo Bupati Sidoarjo.

Adapun dalam kunjungan tersebut, rombongan Kota Padang sebanyak 20 orang disambut beserta unsur Forkopimda lainnya. Hadir langsung dalam kesempatan itu, Kapolres Sidoarjo Kombes Himawan Bayu Aji, Dandim 0816/Sidoarjo, Danlanud dan Ketua KPU serta beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Pertemuan dan dialog berlangsung di ruangan Pendopo Sidoarjo saat pagi menjelang shalat Jumat (11/5/2018).

Baca juga: SP2D Ditandatangani, Padang Cairkan Rp18 Miliar Dana Hibah Tahap I Pilwako Padang 2024

Sementara itu, Win Hendrarso mengatakan, pilkada Sidoarjo 2015 terselenggara bukan tanpa tantangan, melainkan diperlukan ketegasan dari KPU dan Panwaslu serta peran dari kontestan politik dalam mengajak warga untuk menjaga situasi kondusif serta menunaikan hak pilihnya.

Alhasil, pemilihan bupati dan wakil bupati berjalan baik, demokratis dan konstitusional dengan tingkat partisipasi menyentuh 68 persen.

"Tantangan dalam pilbub Sidoarjo tahun 2015 lalu juga cukup berat, namun bisa berjalan baik dengan partisipasi yang cukup tinggi," ujarnya.

Adanya selisih jumlah DP4 dengan DPT, menurut dia, merupakan suatu yang logis terjadi, makanya tidak ada pihak yang protes terkait angka DPT. Padahal, selisih yang terjadi cukup tinggi yaitu mencapai 200 ribu pemilih.

"Perbedaan tersebbut untuk dipahami saja agar terus dilakukan perbaikan ke depannya. Sekarang yang penting hajatan demokrasi berjalan lancar," katanya.

Terkait mewujudkan kondisi kondusif dan meningkatkan partisipasi pemilih pada penyelenggaraan pilkada, Kapolresta Padang AKBP Yulmar Tri Himawan dan Dandim 0132/ Padang Letkol. Kav. Eryzal Satria juga mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengulik kiat yang dilakukan forkopimda setempat. Terutama dalam membangun koordinasi antara unsur forkopimda dan kiat mengatasi kerawanan konflik dan gangguan dalam pilkada.

Kapolres Sidoarjo, Kombes Himawan Bayu Aji mengulas terkait menjaga kondisi kondusif di masa pemilu, baik pilkada, pileg, pilgub maupun pilpres.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: