Solsel jadi Terbaik Nasional pada Program Imunisasi

Senin, 30 April 2018, 19:32 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Solsel jadi Terbaik Nasional pada Program Imunisasi
Usai menerimta penghargaan Program Imunisasi Nasional periode 2015-2017, Sekdakab Solsel, Yulian Efi (kanan) dan Kadis Kesehatan Solsel, Novirman (kiri) foto bersama dengan Dirjen P2P Kemenkes RI, Anung Sugihantono, pada acara Pekan Imunisasi Dunia dan Ha

VALORAnews - Kabupaten Solok Selatan berhasil meraih penghargaan dari 10 kabupaten/kota terbaik di Indonesia dalam Kinerja Imunisasi Terbaik (KIT) pada program imunisasi periode 2015-2017.

Prosesi penyerahan penghargaan tersebut dilakukan Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek kepada Bupati Solsel yang diwakili Sekdakab Solsel, Yulian Efi pada acara Pekan Imunisasi Dunia (PID) dan Hari Malaria Sedunia di Pandeglang Banten, Ahad (29/4/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Solsel, Novirman mengatakan, keberhasilan ini sekaligus sebagai sebuah tolak ukur keberhasilan peningkatan kualitas pelaksanaan imunisasi yang telah dilakukan 24 dokter, 110 perawat, 175 bidan dan 170 tenaga kesehatan lain pada 9 Puskesmas di 7 Kecamatan yang ada di Solsel.

"Dari 10 kabupaten/kota di Indonesia. Pada tahun ini, alhamdulillah Pemkab Solsel dinilai berhasil melaksanakan program imunisasi yang dilaksanakan sejak 2015 hingga 2017 lalu. Prestasi ini merupakan bagian dari apresiasi pemerintah pusat terhadap target dari program imunisasi," katanya.

Baca juga: DPRD Solsel Konsultasikan Pelaksanaan Tindak Lanjut Rekomendasi DPRD atas LKPj Kepala Daerah

Bahkan untuk Sumatera Barat, Bupati Solsel dinilai telah memberikan hasil yang lebih dan telah melaksanakan program imuniasi secara baik pula, dalam rentang waktu 2015 hingga tahun 2017.

Ditambahkan Novirman, diterimanya penghargaan ini bersamaan dengan 9 kabupaten/kota lainya, sesuai dengan surat undangan bernomor SR.01.02/4/1034/2018 tertanggal 26 April 2018, prihal undangan menghadiri Pemberian Penghargaan Kinerja Imunisasi yang ditanda tangani oleh Dirjen P2P Kemenkes RI, Anung Sugihantono.

Novirman menambahkan, bahwa keberhasilan Solsel untuk pelaksanaan Program Imunisasi tidak terlepas dari peran serta berbagai pihak lain. Selain jajaran Dinas kesehatan. Artinya, keterlibatan unsur masyarakat serta stekholder lainnya juga menjadi penentu suksesnya pelaksanaan program imunisasi.

"Jajaran kesehatan tidak akan punya arti apa-apa, jika perhatian masyarakat dan berbagai pihak lainnya untuk pelaksanaan program imunisasi itu tidak didukung," kata Novirman.

Baca juga: Pansus LKPj Kepala Daerah DPRD Solsel Kunjungan ke DPRD Provinsi, Ini Kata Sekwan

Pada 2018 ini, Solsel kembali mendapat tantangan untuk pelaksanaan Universal Health Coverage (UHC) yang merupakan program jaminan kesehatan semesta melalui percepatan penurunan eliminasi TBC, Penurunan Stunting dan Peningkatan Cakupan dan Mutu Imunisasi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: