Perempuan Tangguh dan Inspiratif Diapresiasi di Hari Kartini

Selasa, 24 April 2018, 14:09 WIB | News | Kota Padang
Perempuan Tangguh dan Inspiratif Diapresiasi di Hari Kartini
Kepala DP3AP2KB Padang, Heryanto Rustam menerima kenangan-kenangan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kota Padang, Linda Alwis pada penyerahan award perempuan inspiratif dan tangguh di Kota Padang, Selasa (24/4/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnew - Pemko Padang mengapresiasi sejumlah perempuan inspiratif dan tangguh, bertepatan dengan perayaan Hari Kartini yang digelar di sebuah hotel, Selasa (24/4/2018). Terpilih 3 perempuan inspiratif dan 3 perempuan tangguh yang dinilai memenuhi kriteria.

Perempuan inspiratif yaitu yang telah membawa pengaruh bagi sesama perempuan dan lingkungannya dalam kiprahnya, sedangkan perempuan tangguh ialah ibu yang seorang diri (janda) menjalani kehidupan, membesarkan dan menafkahi keluarganya paling tidak sudah lima tahun.

Perempuan Inspiratif yang dapat award itu yakni Erlina (Parak Gadang Timur, Padang Timur), Fifola Elfina (Mato Aia, Padang Selatan) dan Rahmawati (Belakang Tangsi, Padang Barat). Sedangkan Perempuan Tangguhnya yaitu Julina (Kampung Baru Nan XX, Lubuak Bagaluang), Andalusiawati (Kampuang Olo, Nanggalo) dan Gusrianova (Korong Gadang, Kuranji).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang, Heryanto Rustam menyebut apresiasi ini sebagai penghormatan atas terwujudnya simbol persamaan gender dan emansipasi wanita. Hal ini ditandai dengan peringatan Hari Kartini setiap tahun yang diambil dari hari lahir pejuang wanita tersebut, 21 April.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Sumbar Temui Ketua PT Padang, Ini yang Dibicarakan

"Pada momentum Hari Kartini ini Pemko Padang memberikan apresiasi kepada perempuan tangguh dan perempuan inspiratif yang dipilih berdasarkan kriteria yang ditentukan," sebut Heryanto dalam sambutannya mewakili Walikota Padang.

Heryanto Rustam menambahkan, menjadi seorang ibu adalah yang terberat dari profesi apapun, pasalnya seorang ibu melahirkan dan membesarkan generasi penerus bangsa. Untuk itu sejogyanya perempuan harus menjaga nilai luhur ketimuran dan mengimplementasikan dalam keluarga.

"Sehebat apapun karir seorang perempuan, namun tugas terberat adalah menjadi istri dan seorang ibu. Dimulai dari keluarga, seorang istri dan ibu melahirkan generasi penerus bangsa," ulasnya.

Pada acara yang dihadiri hampir dua ratusan perempuan yang tergabung dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Padang itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Padang, Linda Alwis juga menyampaikan sambutannya.

Baca juga: Kampanye Pilkada 2024 Dimulai Besok, Muharlion: Terapkan Prinsip Biduak Lalu Kiambang Batauik

Istri Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang itu mengatakan, kebangkitan kaum perempuan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kebangkitan bangsa Indonesia. Hingga sekarang peran perempuan juga tidak terlepas dari pembangunan bangsa.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: