Yayasan Tirto Utomo Revitalisasi Rumah Gadang Kaum Melayu

Minggu, 22 April 2018, 21:22 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Yayasan Tirto Utomo Revitalisasi Rumah Gadang Kaum Melayu
Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria bersama penggiat wisata Sumbar, Nofrin Nafilus bersama tokoh adat dan masyarakat di kawasab Saribu Rumah Gadang berfoto bersama saat peresmian revitalisasi salah satu rumah gadang di daerah itu, Ahad (22/4/2018). (humas
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria meresmikan revitalisasi satu unit rumah gadang milik kaum suku Melayu Datuak Rajo Lelo. Kegiatan yang ditandai dengan doa bersama itu berlangsung di kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Ahad (22/4/2018).

Revitalisasi rumah gadang ini, merupakan bantuan dari Yayasan Tirto Utomo dibawah naungan PT Aqua Tirta Investama dengan produk AQUA.

Muzni mengatakan, ini merupakan sebuah berkah buat rumah gadang yang ada di kawasan SRG ini. Betapa tidak, bantuan revitalisasi yang di dapatkan bulan saja berasal dari pemerintah melainkan juga ada bantuan dari pihak swasta.

"Kita bersyukur ternyata banyak pihak yang peduli dengan adat dan budaya Minangkabau. Terutama, melalui program revitalisasi saribu rumah gadang ini," katanya.

Baca juga: Solsel Inventarisir Persoalan Pengerjaan Revitalisasi Kawasan SRG

Menurutnya, hal yang seperti ini wajib di apresiasi. Semakin banyak yang peduli semakin baik untuk perkembangan SRG kedepan.

Sementara, penggiat pariwisata Sumatera Barat, Nofrins Napilus mengatakan, sesuai pesan dari pendiri Yasayan Tirto Utomo, Ibu Lisa Tirto Utomo. Sangat menginginkan agar rumah gadang tersebut kembali seperti semula dengan tidak meninggalkan keasliaannya.

"Bahkan beliau berkomitmen, untuk membuat rumah gadang tersebut menjadi yang pertama dan paling indah setelah revitalisasi. Ibu Lisa juga menginginkan rumah gadang tersebut akan menjadi pusat latihan kesenian dan bisa dipakai untuk kegiatan umum," ujar Nofrins.

Untuk mengerjakan revitalisasi rumah gadang tersebut, dipercayakan kepada tukang tuo, Katik Yat (64). Beliau merupakan spesialist tukang pemugaran rumah gadang. Dalam pengerjaannya nanti, akan dibantu oleh 6 orang asistennya.

Baca juga: Bupati Solsel Ingatkan Pentingnya Wujudkan Jalan Tembus ke Dharmasraya

"Berdasarkan dari pengalaman tukang ini, butuh waktu 8 bulan untuk menyelesaikan pemugaran satu unit rumah gadang ini," jelasnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: