Solsel Ajukan 7 Destinasi Wisata untuk Kontestasi API 2018

Sabtu, 21 April 2018, 21:48 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Solsel Ajukan 7 Destinasi Wisata untuk Kontestasi API 2018
Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan, Yolni Hendra. (humas)

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel), mengusulkan tujuh destinasi wisata untuk mengikuti Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 ke pemerintah provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Wisata yang diusulkan ini diharapkan mampu mengikuti jejak kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) akan keberhasilannya menjadi yang terbaik dalam ajang serupa tahun lalu.

"Kawasan SRG Kotobaru berhasil meraih juara I sebagai kampung adat terpopuler pada ajang API 2017 lalu oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Tentu kami berharap pada API tahun ini Solsel juga menjadi yang terbaik untuk wisata lainnya," kata KepalaBidang Pengembangan PemasaranDinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Solsel, Yolni Hendra.

Menindaklanjuti surat dari provinsi terkait usulan tempat wisata yang akan ikut pada ajang API 2018, Disparbud Solsel sudah mengirimkan tujuh destinasi wisata untuk dipilih dan dimasukkan dalam nominasi. Pengusulan destinasi wisata tersebut lengkap dengan keterangan seperti lokasi dan ditunjang foto.

Tujuh destinasi yang diusulkan yaitu kategori makanan tradisional terpopuler Pangek Pisang, wisata air terpopuler Pacu Codang. Selanjutnya, ekowisata terpopuler yaitu Eko Edu Wisata Wonorejo, atraksi budaya terpopuler Randai, situs sejarah terpopuler Rumah Gadang Panjang dan surga tersembunyi terpopuler Goa Batu Kapal.

Baca juga: Rumah Gadang Panjang Abai Masuk Nominasi API Kategori 10 Situs Sejarah Terpopuler

"Kami yakin dari tujuh destinasi yang diusulkan akan ada yang dipilih untuk mengikuti anugerah API 2018," katanya.

Sebelumnya, kawasan SRG mampu menjadi pemenang pada ajang API 2017 setelah mendapatkan vote yang signifikan yaitu 50,19 persen. SRG kala itu berhasil mengalahkan pesaingnya Kete' Keshu dari Kabupaten Toraja Utara dengan vote 17 persen dan Kampung Wisata Mangeman Kabupaten Bantul sebanyak 11 persen.

"Karena sudah menang saribu rumah gadang tidak boleh ikut lagi pada ajang ini, sehingga kami mengusulkan destinasi lain yang tak kalah menariknya," ujarnya.

Untuk Goa Batu Kapal saja, katanya, sekarang sudah sangat populer dan mampu mendatangkan wisatawan dari nusantara maupun mancanegara.

Setelah menang pada API 2017, SRG lantas semakin populer bahkan langsung memperoleh bantuan oleh pemerintah pusat yaitu dengan revitalisasi total yang dicanangkan Presiden RI, Joko Widodo saat puncak HPN, Februari lalu.

"Jika salah satu destinasi wisata di daerah kita kembali jadi yang terbaik, maka cita-cita dalam memajukan sektor wisata ini kian mendekati kenyataan. Dan tentunya, dengan itu wisata daerah ini semakin populer dan mendunia, tidak hanya kawasan SRG saja," pungkasnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: