Kemendikbud Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Pegiat Seni Pessel

Jumat, 06 April 2018, 20:42 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Kemendikbud Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Pegiat Seni Pessel
Panitia Pelaksana Kegiatan dari Kemendikbud, Benhartin HD Panggabean, menggelar workshop bagi penggiat seni di Salido, Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (6/4/2018). (tusrisep/valoranews)

VALORAnews - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggelar workshop ke sejumlah pegiat seni di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat.

Kegiatan pelatihan yang digelar Subdit Pembinaan Tenaga Kesenian (PTK) Direktorat Kesenian Kemendikbud ini, dilaksanakan pada 5-9 April 2018, di Langkisau Resort Pantai Salido, Painan.

"Kegiatan ini, merupakan program pemerintah melalui Subdit PTK Direktorat Kesenian Kemendikbud. Khususnya, untuk menggenjot kemampuan para Pegiat Seni di daerah," ucap Benhartin HD Panggabean, Panitia Pelaksana Kegiatan dari Kemendikbud, di Salido, Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (6/4/2018).

Tujuan Workshop ini, terangnya, upaya peningkatan pengetahuan/kemampuan dalam memanajemen seni serta pertunjukan.

Baca juga: PILKADA 2024: KERAS OMBAK, Sekretaris Perindo Sumbar Maju di Pilkada Pessel

Juga, bagaimana menjalin jejaring diantara para pelaku (Pegiat) Seni, dan meningkatkan kreatifitas serta kualitas.

Disisi nara sumber, tambah Benhartin, panpel menghadirkan pelaku seni yang kapabel dibidangnya. Di antaranya, Soni Sumarsono (IKJ) untuk materi tata cahaya /lighting dan seni panggung.

Kemudian, Ratna Riantiarno (praktisi) dalam materi Manajemen Seni Pertunjukan, Sari Majid untuk materi stage manajemen, dan Bambang Paningron (Budayawan).

"Harapannya, Pegiat Seni dalam menggelar event seni/pertunjukan nantinya, bisa memiliki nilai lebih di sisi entertainnya. kalau ini terlaksana (diterapkan), dipastikan pertunjukan akan lebih berkesan dan pastinya lebih disukai," ujar Benhartin.

Baca juga: Resah dengan Angka Kemiskinan Pessel, Angga Azkardha: Insya Allah Siap Ikut Kontestasi Pilkada 2024

Sepanjang 2018 ini, Kemendikbud bakal menggelar workshop di 5 daerah di Indonesia. Yakni, Painan Pessel Sumbar (5 - 9 April 2018), Banyumas Jawa Tengah (30 April - 4 Mei), Banjarmasin Kalimantan Selatan (6 - 10 Mei), Lembata Nusa Tenggara Timur (21 - 26 Mei) , dan Toraja Sulawesi Selatan (10 - 14 Juli 2018).

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: