Disdik Padang Peroleh Kuota Sertifikasi 100 Orang di 2018

Selasa, 27 Februari 2018, 15:12 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Disdik Padang Peroleh Kuota Sertifikasi 100 Orang di 2018
Ilustrasi.

VALORAnews - Dinas Pendidikan (Disdik) Padang mendapatkan kuota penambahan guru bersetifikasi sebanyak 100 orang pada 2018.

"Kuota ini diberikan ke guru yang telah lulus ujian kompetensi guru (UKG) dan akan mengikuti pelatihan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG)," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Padang, Ramson, Selasa (27/2/2018).

Ia menyebutkan, saat ini jumlah guru bersertifikasi di Kota Padang tercatat sebanyak 3.600 orang sampai 2018. Mulai dari jenjang pendidikan sekolah taman kanak-kanak (TK), SD, Pengawas dan guru SMP.

Ia menyebutkan, guru yang telah bersertifikasi harus mampu memenuhi kewajiban mengajar 24 jam dalam sepekan.

Baca juga: PT Semen Padang Serahkan CSR Sarana Prasarana Disabilitas untuk Mall Pelayanan Publik Bukittinggi

"Guru-guru yang telah bersertifikasi, semuanya telah mampu memenuhi kewajiban mengajar 24 jam dalam sepekan. Guru tingkatan SMP, mereka tidak kesulitan mendapatkan kewajiban mengajar 24 jam dalam sepekan, apalagi bagi guru SD menyusul guru di tingkat SD terdapat kekurangan," sebutnya.

Disebutkan, saat ini tercatat sebanyak 1.300 orang guru untuk tingkat sekolah dasar mengalami kekurangan. Namun, pihak Disdik telah memasukan formasi penerimaan CPNS guru SD ke Kemenpan.

"Hasilnya nanti, bagaimana pembagiannya kita belum tahun. Apakah kekurangan 1.300 orang guru dibuka untuk diisi bagi formasi umum, atau pakai kategori. Pasalnya, masih terdapat sejumlah orang guru honorer yang tersebar di sejumlah sekolah dasar di kota Padang," ujarnya.

Dikatakan, jumlah guru PNS di Kota Padang keseluruhan dari tingkat SD dan SMP sebanyak 5 ribuan. Sedangkan, tenaga honorer terdiri dari guru dan pegawai berjumlah 3 ribuan. (ham)

Baca juga: Urus Adminduk di Padang Cukup di Kelurahan

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: