Sumber Air Warga Bukit Gado-bado Mengering, Warga Beli Air Galon untuk MCK

Rabu, 14 Februari 2018, 18:40 WIB | News | Kota Padang
Sumber Air Warga Bukit Gado-bado Mengering, Warga Beli Air Galon untuk MCK
Seorang warga Bukit Gado-gado memperlihatkan sumur di rumahnya yang telah mengering, akibat kemarau yang melanda Padang sejak beberapa hari terakhir. (vebi rikiyanto/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Musim kemarau yang melanda Padang sebulan terakhir, mulai berdampak terhadap sumber air warga. Salah satu daerah yang mulai merasakan dampaknya adalah warga di kelurahan Bukit Gado-gado, Kecamatan Padang Selatan.

Sumber mata air yang selama ini jadi sumber utama untuk kebutuhan sehari har- banyak yang sudah mengering.

Menurut Nuraini (72), selama puluhan tahun tinggal di daerah itu, dia menggantungkan kebutuhan air dari mata air yang teletak di puncak bukit tersebut. Air dari mata air itu mengalir kerumah warga melalui selang-selang plastik, yang panjangnya mencapai puluhan bahkan ratusan meter.

"Memang ada sumber mata air lain yaitu sumur di Pangko, tapi untuk mencapai kesana kita harus turun jauh ke bawah jurang dan melalui semak-semak," ujar ibu yang akrab dipanggil Nini tersebut.

Baca juga: PIK Remaja Bukit Gado-gado Fasilitasi Pelatihan Berbahasa Inggris

Sementara, Riki (42) mengaku, harus turun pagi-pagi untuk menumpang mandi ke kantornya.

"Kalau untuk konsumsi kita bisa mengandalkan air minum isi ulang, tapi bagaimana dengan kebutuhan lain seperti mandi dan mencuci," ujarnya.

Dia menambahkan, beberapa hari lalu, beberapa warga membeli air pada mobil tangki air minum isi ulang.

"Mobil tersebut datang dan kami beli sesuai kebutuhan dan sesuai daya tampung bak masing masing. Per ton nya kami beli seharga Rp50 ribu. Saya beli 2,5 ton. Air sejumlah tersebut, hanya bertahan tiga-empat hari," terang Riki.

Baca juga: Generasi Muda Bukit Gado-gado Komitmen Melawan Narkoba

Camat Padang Selatan, Fuji Astomi mengatakan, sudah menyampaikan masalah ini pada pihak PDAM dan memerintahkan pejabat kelurahan untuk mengurusnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: