Gerhana Bulan, Mahyeldi: Ini Bukti Kebesaran Allah

Kamis, 01 Februari 2018, 20:27 WIB | News | Kota Padang
Gerhana Bulan, Mahyeldi: Ini Bukti Kebesaran Allah
Walikota Padang, Mahyeldi dt Marajo memberikan sambutan usai pelaksanaan shalat khusuf di Masjid Agung Nurul Iman, Padang, Rabu (31/1/2018) malam. (humas)

VALORAnews - Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo mengatakan, umat Islam patut bersyukur atas kejadian gerhana bulan total. Karena merupakan salah satu fenomena langka yang terjadi di bumi.

"Mari kita bersuyukur ke Allah dan juga meningkatkan ukuwah," ucap Mahyeldi sewaktu memberikan sambutan usai pelaksanaan salat sunat gerhana di Masjid Agung Nurul Iman, Rabu (31/1/2018) malam.

Disebutkan, berdasarkan kajian syar'i, fenomena gerhana merupakan bukti keagungan dan kebesaran Allah SWT. Sehingga, jika terjadi gerhana disunahkan umat Islam untuk melaksanakan salat Gerhana. Kemudian memperbanyak istighfar, berzikir dan sedekah.

"Menurut data astronomi, Rabu (31/1/2018) bertepatan dengan tanggal 14 Jumadil Awal 1439 H hampir di seluruh wilayah Indonesia akan terjadi gerhana bulan total. Gerhana membuktikan bahwa bumi ini ada yang mengatur," ucap Mahyeldi.

Baca juga: Mahyeldi Paparkan Beda Fasilitas Antisipasi Bencana di Gunung Marapi Sumbar dan Merapi Yogyakarta ke Komisi V DPR RI

Diharapkan Mahyeldi, jangan sampai fenomena terjadinya gerhana malah merusak akidah, akibat bermacam-macam pemahaman yang keliru.

"Kita harus menyampaikan kepada generasi muda mengenai fenomena ini dan apa yang akan harus dilakukan semestinya," jelas Mahyeldi.

Penciptaan langit bumi, siang dan malam, merupakan tanda kekuasaan Allah. Sebagai,manusia hal ini sepatutnya dijadikan sebagai cara untuk meluruskan akidah keimanan, ibadah, dan sikap.

"Dengan kita melaksanakan shalat gerhana bulan kali ini, meluruskan anggapan dan pemahaman yang tidak tepat. Sehingga memberitahukan beginilah cara pelaksanaan salat gerhana. Ini yang harus kita amalkan," terangnya.

Baca juga: UPDATE: Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang di Sumbar jadi 34 Orang

"Untuk itu, mudah-mudahan kita selalu memahami kejadian-kejadian di muka bumi ini. Semoga Allah SWT menunjuki jalan yang lurus dan memberikan keselamatan dunia akhirat," harapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: