Abdul Rahman Resmikan KEM Lugas

Rabu, 24 Januari 2018, 23:33 WIB | Olahraga | Kab. Solok Selatan
Abdul Rahman Resmikan KEM Lugas
Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman bersama bersama Flipmas Minangkabau, Flipmas Indonesia dan Pertamina meresmikan Kawasan Ekonomi Masyarakat Lugas yang berada di Sungai Kapur, Lubuk Gadang Selatan, Sangir, Solok selatan, Rabu (24/1/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman meresmikan Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) di Jorong Sungai Kapur, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Rabu (24/1/2018). Abdul Rahman mengapresiasi atas berdirinya KEM Lugas berkat kerjasama yang baik antara Flipmas Minangkabau dengan Pertamina.

Dia mengatakan, pemerintah daerah akan pemanfaatan produk lokal dengan mengeluarkan Paraturan Bupati.

"ASN nanti akan kita wajibkan memakai produk lokal seperti sulaman sebagai salah satu pakaian dinas," katanya.

Dia menambahkan, sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah, tahun ini telah dianggarkan sebesar Rp150 juta untuk pembangunan pengerasan jalan menuju lokasi KEM Lugas.

Baca juga: Generasi Milenial Agam Dilatih Teknik Sulaman Peniti Selama 8 Jam per Hari, Ini Targetnya

Ketua Flipmas Minangkabau, Eliza Nurdin mengatakan, KEM Lugas terbentuk berkat kerjasama pemberdayaan masyarakat antara Flipmas Minangkabau dengan Pertamina.

Rumah sulaman KEM Lugas belum lama terbentuk namun telah mampu menghasilkan karya yang membanggakan. Hasil karya KEM Lugas sudah pernah dipesan oleh konsumen dari Kota Bandung yang digunakan untuk pesta pernikahan.

"Sulaman tidak terbatas hanya untuk kaum ibu-ibu, namun bapak-bapak juga bisa untuk mengulam tanpa mengurangi kemacoan laki-laki," katanya.

Ia berharap generasi muda Solok Selatan dapat memanfaatkan rumah sulaman KEM Lugas untuk belajar dan menimba ilmu.

Baca juga: Sulaman Suji Caia di Stand Agam Diminati Pengunjung Inacraft 2022

KEM Lugas tidak hanya terbatas dengan sulaman baju, selendang, baju koko, namun ia berharap akan lebih dikembangkan lagi ke sektor handikraf dan cenderamata khas dari Solok Selatan.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: