Generasi Milenial Agam Dilatih Teknik Sulaman Peniti Selama 8 Jam per Hari, Ini Targetnya

Sabtu, 18 November 2023, 07:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Generasi Milenial Agam Dilatih Teknik Sulaman Peniti Selama 8 Jam per Hari, Ini Targetnya
Generasi milenial Agam, dilatih teknik sulaman peniti di Nagari Panampuang, Kecamatan IV Angkek selama 15 hari. Program ini berakhir Kamis setelah digelar sejak 2 November 2023. (humas)

AGAM (9/11/2023) - Generasi milenial Agam, dilatih sulaman peniti dengan lima tusukan. Mereka ikuti pelatihan yang digelar selama 15 hari sejak tanggal 2 November 2023.

"Pelatihan digelar 8 jam sehari, dimulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB," ungkap Kepala Dinas Koperasi UKM, Dedi Aswar usai penutupan kegiatan pelatihan, Kamis

Dikatakan, pelatihan yang digelar di Nagari Panampuang, kecamatan IV Angkek ini, merupakan kolaborai Balai Diklat Industri (BDI) Padang dengan Koperindag Agam.

Tujuan pelatihan ini, membentuk regenerasi wirausaha di Kabupaten Agam, sehingga usaha yang berkaitan dengan budaya kerajinan lokal tetap lestari.

Baca juga: Bisnis Ibu Rumah Tangga Milenial Paling Cuan! Modal Tipis, Untung Berlapis

"Sebanyak 61% pelaku usaha kerajinan konveksi ini, berumur 40 tahun ke atas. Oleh karena itu, pelatihan dalam rangka kita menyiapkan pendampingan untuk generasi penerus," tutur Dedi.

Menurut Dedi, Kabupaten Agam identik dengan budaya kerajinan seperti sulaman, bordir, songket, sulam suji, konveksi, kerancang dan sulam peniti.

Kekayaan budaya tersebut sebaiknya dikembangkan dan diteruskan kepada generasi muda.

Dedi menyayangkan fakta sosial bahwa jumlah lulusan perguruan tinggi yang terlalu banyak, tidak seimbang dengan lapangan pekerjaan yang ada. Berangkat dari situ ia berkeinginan untuk mengembangkan potensi generasi muda.

Baca juga: Lagi Trend 2024! 9 Ide Bisnis Ini Bikin Untung Rp10 Juta Sebulan, Mau Coba?

"Sebanyak 60% ekonomi kita, bergantung pada UMKM. Kenapa tidak kita kembangkan," ungkap Dedi.

Halaman:
CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: