Abdul Rahman Resmikan KEM Lugas

Rabu, 24 Januari 2018, 23:33 WIB | Olahraga | Kab. Solok Selatan
Abdul Rahman Resmikan KEM Lugas
Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman bersama bersama Flipmas Minangkabau, Flipmas Indonesia dan Pertamina meresmikan Kawasan Ekonomi Masyarakat Lugas yang berada di Sungai Kapur, Lubuk Gadang Selatan, Sangir, Solok selatan, Rabu (24/1/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Ketua Flipmas Indonesia, Gatot Mirjoto mengungkapkan, kebahagiaannya ketika hadir dalam acara peresmian KEM Lugas ini. "Di sini saya melihat ada sinergitas antara masyarakat, akademisi, BUMN dan birokrasi," katanya.

Gatot juga mengatakan, tujuan KEM adalah bagaimana masyarakat bisa diberdayakan. Bahwa, kegiatan seperti ini adalah salah satu bentuk pengabdian dari para akademisi.

Area Manager Communication and Relations Pertamina Sumbagut, Rudi Ariffianto mengapresiasi, KEM Lugas kerana merupakan salah satu KEM yang tercepat dalam pengembangannya.

Baca juga: Sulaman Timbul Solsel Juarai Lomba Desain Busana Muslimah

"Dibandingkan dengan KEM lain, KEM Lugas termasuk cepat dalam perkembangannya, sehingga cepat pula diresmikan," katanya.

Pihaknya juga mendorong agar terciptanya sertifikasi dari produk sulaman KEM Lugas. "Saat ini KEM Lugas sudah punya hak paten, kami juga akan mendorong agar terciptanya sertifikasi dari produk sulaman ini, sehingga nilai jualnya akan lebih tinggi," jelasnya.

Ia mengatakan, pertamina tidak akan berhenti di sini, apabila KEM ini akan dikembangkan maka pertamina siap untuk membantu melalui program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) sebagai salah satu bentuk CSR dari Pertamina.

Ketua KEM Lugas, Budi Haryono mengungkapkan, saat ini KEM Lugas telah mempunyai 43 orang anggota, dimana sebelumnya hanya 20 orang.

Ia mengatakan, pihaknya telah menyediakan lahan seluas 5 ha yang ditetapkan sebagai kawasan ekonomi masyarakat yang akan dimanfaatkan selama 10 tahun dan hasilnya adalah untuk anggota KEM.

Bantuan yang telah diterima KEM Lugas yaitu balai pertemuan, pelatihan menyulam, gudang dan wc, rumah pembibitan, kandang sapi, pos jaga, sapi 4 ekor, bibit kopi arabika, bibit kopi robusta, bibit sayuran, rumah sulam, bio gas, lampu penerangan solar cell, yang berjumlah keseluruhan Rp500 juta. (rls)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: