Kemen PUPR Bantu Rehab RTLH di Pessel Rp38 Miliar

Senin, 15 Januari 2018, 23:23 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Kemen PUPR Bantu Rehab RTLH di Pessel Rp38 Miliar
Bupati Pessel, Hendrajoni didampingi Erizon (Sekda) dan staf lainnya, meninjau pelaksanaan pembangunan rumah yang dibiayai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, beberapa waktu lalu. (tusrisep/valoranews)

VALORAnews - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memberikan bantuan anggaran sebesar Rp38 miliar ke Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, upaya pelaksanaan rehab dan perbaikan 730 unit Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di daerah tersebut di 2017, dan 873 unit di 2018.

"Bantuan tersebut kita peroleh di tahun lalu sebanyak Rp19 miliar, dan sudah kita salurkan untuk perbaikan/buat bangunan baru warga miskin terkategori RTLH. In Syaa Allah, di 2018 ini, Kementerian PU PR juga bakal mengucurkan kembali bantuan yang sama, dengan anggaran yang besarnya kurang lebih sama dengan tahun lalu," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Pessel, Mukhridal, Senin (15/1/2018).

Di 2017, terangnya, bantuan sebesar Rp19 miliar yang diperoleh, telah dibuatkan untuk pembangunan 50 unit rumah nelayan, di daerah Muaro, Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai dan 20 unit di Kecamatan Batang Kapas, dengan alokasi anggaran Rp120 juta/unit (bangunan baru).

"Total anggaran untuk rumah nelayan tadi berjumlah Rp8,4 miliar," kata Mukhridal.

Baca juga: Program RTLH Agam 2024, Pembiayaan dari Pusat dan APBD Berupa Material Bangunan

Kemudian, pengerjaan swadaya bangun baru rumah masyarakat bukan nelayan di Kecamatan IV Jurai, Sutera dan Lengayang sebanyak 60 unit dengan anggaran per unitnya Rp30 juta.

"Anggaran dari rehab 60 unit rumah RTLH tadi sebesar Rp1,8 miliar," ujarnya.

Rehab 600 unit rumah warga miskin lain di kecamatan yang sama dengan pagu sebesar Rp15 juta per unit.

"Untuk rehab 600 unit RTLH besaran anggarannya berjumlah Rp9 miliar," jelas Mukhridal.

Baca juga: BEDAH RUMAH: Di Pessel, 115 RTLH Dibantu Pemkab dan Baznas

Menyoal bantuan yang bakal diperoleh di tahun ini, lanjutnya, programnya merupakan lanjutan dari tahun lalu.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: