Menaklukan Puncak Gunung Kerinci Kini Bisa Melalui Solsel

Rabu, 01 November 2017, 09:20 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Menaklukan Puncak Gunung Kerinci Kini Bisa Melalui Solsel
Gunung Kerinci
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumbar, Uslaini menyebutkan, izin pendakian Gunung Kerinci melalui Solok Selatan (Solsel), bakal jadi daya tarik bagi wisatawan minat khusus.

"Dengan adanya izin pendakian melalui Solsel, akan berdampak positif. Sebab, masyarakat atau pemkab Solsel yang selama ini menjaga kawasan tersebut, mendapat manfaat ekonomi dari pembukaan jalur itu. Sehingga, bisa meningkatkan kunjungan wisatawan minat khusus," imbuhnya.

Uslaini tidak menampik, jika bakal ada dampak negatif, karena adanya penambahan aktivitas dikawasan tersebut. "Hal ini bisa diminimalisir pengelola dengan membuat atau menjalankan aturan ketat pada pengunjung," tambahnya.

Selain itu, disebabkan Gunung Kerinci masuk kawasan konservasi, maka harus ada izin dari BKSDA atau BB TNKS untuk memasuki wilayah itu dengan cara mengurus surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi).

Baca juga: Bapemperda DPRD Solok Selatan Pelajari Kiat DPRD Sumbar Susun Propemperda

"Saat mengurus Simaksi, pengunjung atau pendaki akan diberi arahan terkait prosedur dan peraturan kawasan konservasi. Secara pribadi, saya setuju masyarakat dilibatkan dalam mengelola kawasan sehingga mereka (masyarakat-red) mendapatkan manfaat ekonomi. Jika sudah begitu, masyarakat akan sukarela menjaga kawasan dari aktivitas perusakan lingkungan," tegasnya.

Sementara, Pegiat Pariwisata Sumbar, Yulnofrins Napilus mengatakan, salah satu dari empat pilar utama pembangunan yang menjadi prioritas pemerintah untuk dikembangkan adalah sektor pariwisata.

"Solsel memiliki potensi itu. Selain Saribu Rumah Gadang (SRG) dan Gua Batu Kapal (GBK), Solsel juga punya potensi pendakian gunung. Bu Menteri LHK, Siti Nurbaya sudah bilang, untuk mendukung program pariwisata asal persyaratan teknis dan prosedur dipenuhi, bakal didukung," katanya.

Kemudian, jalur lama pendakian gunung Kerinci via Kresik Tuo, tidak akan mengurangi jumlah dan minat para pendaki.

Baca juga: Final MTQN XL Solok Selatan, Kafilah Agam Raih Peringkat I MFQ Beregu Putra

"Harusnya lebih nambah dan jadi menarik. Menarik, karena para pendaki biasanya selalu ingin mencoba jalur baru. Sedikit sekali yang mendaki berulang-ulang dari lokasi atau jalur yang sama," ucapnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: