Jalan Sehat KPU Padang Gandeng Duta Demokrasi: Partisipasi Pemilih Pemula di Kota Padang Masih Rendah

Kamis, 26 Oktober 2017, 13:16 WIB | News | Kota Padang
Jalan Sehat KPU Padang Gandeng Duta Demokrasi: Partisipasi Pemilih Pemula di Kota Padang...
Kasubag Teknis KPU Kota Padang, Sutrisno memperlihatkan baju yang akan digunakan pada Jalan Sehat Gerakan Sadar Pemilihan Umum dan Pilkada Serentak 2018 yang akan dilaksanakan Minggu (29/10/2017) nanti. (humas)

VALORAnews -- KPU Padang melibatkan Duta Demokrasi Kota Padang, Muhamad Arifin dan Anisah Junaidi, pada gelaran Jalan Sehat Gerakan Sadar Pemilihan Umum dan Pilkada Serentak 2018 yang akan dilaksanakan Minggu (29/10/2017) nanti.

Ketua KPU Padang, M Sawati melalui Kasubag Teknis KPU Kota Padang, Sutrisno mengatakan, Duta Demokrasi ini adalah pelajar yang sudah berstatus pemilih pemula yang terpilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota Jambore ketika acara Jambore Demokrasi Pelajar yang dilaksanakan KPU Kota Padang di Lemdadika Padang Basi pada 6-8 Oktober 2017 lalu.

"KPU Kota Padang sengaja menggandeng Duta Demokrasi Kota Padang ini untuk menyosialisasikan Pilwako Kota Padang 2018 agar para pemilih pemula dan kawan-kawanya yang lain tahu dan mengerti betapa pentingnya untuk ikut menentukan siapa yang akan memimpin Kota Padang untuk 5 tahun kedepan," terang Rino.

"Ditambah lagi, tingkat partisipasi pemilih pemula di Kota Padang termasuk rendah, diperkirakan tingkat partisipasi mereka tidak mencapai angka 50 persen," tambah Rino.

Baca juga: Perantau dan Anak Nagari Panampuang Berbaur di Jalan Sehat, Ditutup dengan Hiburan KIM, Hadiah Ratusan Juta

Dia menilai, pemilih pemula ini harus tahu bahwa partisipasi mereka dalam menentukan pilihan siapa yang akan menjadi Walikota dan Wakil Walikota Padang pada 27 Juni 2018 nanti akan berpengaruh misalnya dalam menentukan arah kebijakan pemerintah kota Padang di bidang pendidikan.

"Nanti pada acara Jalan Sehat Gerakan Sadar Pemilu dan Pilkada Serentak 2018, kita akan memberi panggung kepada Duta Demokrasi Kota Padang ini, untuk berorasi menyampaikan betapa pentingnya para pemilih pemula untuk aktif menyukseskan Pilwako Kota Padang 2018," katanya.

Rino mengatakan, KPU Kota Padang akan mendanai kegiatan Duta Demokrasi Kota Padang ini, jika mampu membuat sebuah acara dan mengumpulkan banyak orang dalam ruang terbuka untuk menyosialisasikan proses dan tahapan Pilwako Kota Padang 2018.

"Kita akan danai kegiatan itu, karena KPU Kota Padang memiliki anggaran dana untuk sosialisasi Pilwako Kota Padang 2018," ungkap Rino. (rls/kyo)

Baca juga: 5 Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat HUT ke78 PMI Bukittinggi

CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: