Program Kotaku, Mahyeldi: Warga Gigi Dua, Pemko Gigi Tiga

Rabu, 04 Oktober 2017, 16:25 WIB | News | Kota Padang
Program Kotaku, Mahyeldi: Warga Gigi Dua, Pemko Gigi Tiga
Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo bersama lurah, BKM dan KSM Kurao Pagang. (humas)

VALORAnews - Kegiatan pembangunan infrastruktur melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kota Padang, mulai menggeliat. Ini berkat dukungan warga dengan semangat swadaya yang tinggi untuk meningkatkan kualitas lingkungan.

"Semangat warga yang tinggi, harus diiringi dengan kecepatan merespon oleh lurah dan camat dalam menyukseskan Program Kotaku," kata Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo pada peserta sosialisasi Program Kotaku, Selasa (3/10/2017) di Padang.

"Jika warga sudah pakai gigi dua, Pemko harus mengimbangi dengan gigi tiga," ujarnya.

Dikatakan Mahyeldi, kegiatan Kotaku pertama di Kota Padang yang dilaksanakan di Pagang Dalam Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo mendapat dukungan yang luar biasa. Warga setempat merelakan lahan dan tanamannya untuk perbaikan drainase dan pelebaran jalan.

Baca juga: Dinas Pariwisata Latih Pengelola Desa Wisata Sumbar, Ini Arahan Mahyeldi

"Ini luar biasa. Camat dan lurah yang lain perlu mengikuti, membangun komunikasi dengan warga sehingga menyambut program dengan baik," ulas Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, Kotaku adalah upaya pemerintah mewujudkan 100-0-100 yaitu 100 persen akses air bersih, 0 persen kawasan kumuh dan 100 persen sanitasi yang berkualitas. Pelaksanaannya dilakukan kelompok warga Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dan Kelompok Swadaya Masyarakat (SKM).

"Pemerintah menganggarkan Rp500 juta untuk masing-masing kawasan yang jadi sasaran program. Bila pelaksanaannya berhasil, maka dana Rp1 miliar menunggu untuk kegiatan selanjutnya," jelas Mahyeldi.

Adapun kegiatan ini diikuti sedikitnya 1.000 peserta yang terdiri dari lurah dan KSM dari seluruh kelurahan yang disasar Program Kotaku. (rls/vri)

Baca juga: Gubernur Sumbar Buka TMMD ke120 Tanah Datar, akan Buka Jalan Sepanjang 4,5 Km

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: