Ribuan Kolam Ikan di Agam Diperbaiki, Ermanto: Produksi Ikan Meningkat Tajam

Kamis, 28 September 2017, 14:27 WIB | Olahraga | Kab. Agam
Ribuan Kolam Ikan di Agam Diperbaiki, Ermanto: Produksi Ikan Meningkat Tajam
Alat berat jenis ekskavator tengah membuat endapan lumpur di kolam milik warga Lubukbasung, Agam. (humas)

VALORAnews -- Pemkab Agam telah memperbaiki 20.250 kolam milik masyarakat yang rusak dan terlantar, dalam meningkatkan produksi ikan air tawar di daerah itu.

"Perbaikan kolam yang kami lakukan ini telah dimulai sejak 2012 sampai 2015," kata Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto, didampingi Kepala Bidang Budidaya, Rosva Deswira, Kamis (28/9/2017).

Ditambahkan Ermanto, perbaikan yang menggunakan Dana Alokasi Khusus itu dimulai dari kolam yang bocor, membuang lumpur yang mengendap dan lainnya. Perbaikan kolam ini dalam rangka mendukung Program Agam Menyemai sekaligus meningkatkan produksi ikan di Kabupaten Agam.

Sebelum diperbaiki, produksi ikan di daerah itu hanya sekitar lima ribu ton setiap tahun. Setelah diperbaiki, jumlah produksi ikan meningkat menjadi 12 ribu ton.

Baca juga: Kafilah 16 Kecamatan Ikuti MTQ Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten Agam, Ini Pesan Gubernur

"Produksi ikan air tawar ini meningkat dua kali lipat sejak kolam. Agam merupakan pemasok ikan air tawar jenis nila terbanyak di Sumbar. Ikan tersebut, dipasarkan ke pasar tradisional kabupaten dan kota di Sumbar, Riau, dan Jambi," jelasnya.

Dengan cara ini, diharapkan ekonomi masyarakat yang memiliki kolam menjadi lebih meningkat dalam membantu pendapatan keluarga. Saat ini, jumlah kolam air tenang dan air deras di Agam sebanyak 25.000 unit yang tersebar di 16 kecamatan. (rls/ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: