BPBD Pessel Identifikasi 6 Titik Rawan Longsor

Minggu, 28 Juni 2015, 20:34 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
BPBD Pessel Identifikasi 6 Titik Rawan Longsor
Sekda Pessel, Erison saat memberikan orientasi pada segenap karyawan BPBD. (istimewa)

VALORAnews - Bagi pengendara yang ingin memanfaatkan jalur mudik melalui ruas jalan nasional di Kabupaten Pesisir Selatan, baik menggunakan kendaraan roda dan roda empat, patut mewaspadai kondisi kondisi jalan yang rawan longsor.

Berdasarkan pantuan, sedikitnya ada 6 titik lokasi yang tergolong rawan longsor. Seperti di Barung-barung Belantai Kecamatan Koto XI Tarusan, Siguntur Kecamatan Bayang, Kecamatan Batang Kapas, Surantih, Ranah Pesisir dan Tapan.

"Selain itu, juga ada juga daerah rawan banjir," ungkap Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan, Pri Nurdin, Minggu (28/6/2015).

Dengan geografis wilayah perbukitan, mulai dari pintuk masuk Kabupaten Pesisir Selatan sampai perbatasan Sungai Penuh dan Muko-Muko, banyak titik yang harus diwaspadai rawan longsor.

Baca juga: PILKADA 2024: KERAS OMBAK, Sekretaris Perindo Sumbar Maju di Pilkada Pessel

"Untuk mengantisipasi semua itu, BPBD Pessel telah menyiapkan alat berat jenis eskakavator, dan tim Rescue SAR BPBD yang bersiaga 24 jam penuh. Guna mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi di lapangan," terangnya.

Selain itu, juga telah tempatkan anggota Tagana, kelompok Siaga Bencana di Nagari-nagari. Juga ada kantor cabang BPBD Pessel di Kecamatan Ranah Pesisir dan kecamatan BAB Tapan. (lek)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: