Pesantren Ramadhan Mendidik Pemuda jadi Berilmu dan Berakhlak Mulia

Sabtu, 10 Juni 2017, 17:31 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Pesantren Ramadhan Mendidik Pemuda jadi Berilmu dan Berakhlak Mulia
Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah, jadi pemateri pada pesantren kilat di SMAN 1 Tanjung Mutiara, kemarin. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pelaksanaan pesantren pada bulan Ramadhan atau Pesantren Ramadhan, selalu dilaksanakan setiap tahun di lingkungan sekolah, di Kabupaten Agam. Salah satu sekolah yang melaksanakan pesantren kilat adalah SMAN 1 Tanjung Mutiara, yang dilaksanakan selama Ramadhan.

"Saat ini kita tengah menyemarakkan gerakan Nagari Madani. Tentunya, salah satu kegiatan pesantren Ramadhan ini menjadi bagian yang sangat erat kaitannya dalam mewujudkan Nagari Madani itu," kata Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah, disaat menjadi pemateri pesantren kilat di SMAN 1 Tanjung Mutiara.

Menurut Farhan, pesantren Ramadhan harus mampu mendidik dan mencetak generasi muda yang berilmu pengetahuan dan berakhlak mulia serta mampu menyebarkan ajaran Islam kepada masyarakat.

Seperti, perubahan di setiap negara selalu dilakukan oleh pemuda dan di zaman Rasullullah yang pertama masuk Islam adalah pemuda di antaranya, Ali Bin Abu Thalib, Bilal Bin Rabah dan lainnya.

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

"Untuk itu, sebagai pemuda mari kita persiapkan diri untuk menjadi bahagian dari perubahan kepada kebaikan tersebut," ajak Farhan.

Dari laporan Kepsek SMAN 1 Tanjung Mutiara, Zulkhairi mengatakan, pesantren ini diikuti ratusan murid sejak pagi serta mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan tahunan ini.

Setiap pelaksanaan pesantren Ramadhan ini diawali dengan melaksanakan shalat Dhuha berjamaah yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci al Quran dan penyampaian ceramah agama. Dengan rangkaian kegiatan diantaranya penyampaian materi tentang akhlak, ibadah, dan materi tentang keimanan.

Ia mengatakan, kegiatan pesantren ini pada dasarnya untuk mengisi kegiatan selama bulan suci Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan bermakna untuk anak didik di sekolah.

Baca juga: Bapenda Agam Pasang Tapping Box di Lokasi Wajib Pajak

"Intinya kegiatan pesantren ini untuk meningkatkan semangat bagi anak didik kami dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan,dengan hal-hal yang bermakna dan bermanfaat," jelasnya. (rls/vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: