TSR Bupati Agam ke Tiku V Jorong: Warga Tiku Butuhkan Pengetahuan Bertanam Semangka

Minggu, 21 Juni 2015, 17:24 WIB | Wisata | Kab. Agam
TSR Bupati Agam ke Tiku V Jorong: Warga Tiku Butuhkan Pengetahuan Bertanam Semangka
Bupati Agam, Indra Catri mengunjungi ibu-ibu Nagari Tiku V Jorong, yang tengah menyiapkan menu berbuka, saat Pemkab Agam berkunjung dalam agenda safari Ramadhan, Sabtu (20/6/2015). (Humas Pemkab Agam)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Masyarakat Subang-subang, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, meminta pemerintah setempat untuk mencari solusi tentang keluhan petani, terkait masalah penanaman semangka dan pembangunan jalan untuk membawa hasil pertanian.

"Kami sangat membutuhkan informasi tentang penanaman semangka yang baik," kata warga Subang-subang, Tona pada Bupati Agam Indra Catri yang memimpin Tim Safari Ramadhan (TSR) di Masjid Shuhada' Subang-subang, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Sabtu (20/6/2015) malam.

Menurut Tona, masalah sumber daya manusia dalam memilih bibit tanaman semangka yang bagus merupakan kendala petani, sehingga produksi tidak begitu baik. "Dengan tidak tahunya kami dengan memilih mana bibit tanaman yang bagus dan cara pengelolaan yang benar, maka tidak sedikit petani kami yang merugi," terang Tona sebagaimana rilis Humas Pemkab Agam beberapa saat lalu.

Mendengarkan curhatan itu, Indra Catri langsung merespon keluhan masyarakat. "Dalam waktu dekat ini, kita akan menurunkan tim dari penyuluhan bersama dinas terkait untuk menjawab masalah ini, karena ini bersifat teknis, agar persoalan penyuluhan dapat terselesaikan dengan cepat," ungkap Indra Catri.

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

Terkait pembangunan jalan di sepanjang pantai Tiku V Jorong, belum bisa disikapi secara cepat karena berstatus jalan nasional. "Kendati demikian, kita akan tetap membahas ini pada rapat perubahan anggaran dengan tim anggaran DPRD terhadap bagaimana jalan keluarnya," jelasnya.

Pada kesempatan itu, juga dibuat sesi tanya jawab antara SKPD terkait dengan masyarakat terhadap keluhan masyarakat. Selain itu, bupati juga meminta kepada seluruh tim nantinya dapat menyampaikan informasi pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

Dalam rombongan tim satu tersebut, bupati membawa beberapa kepala SKPD di antaranya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Yunaldi, Yulnasri (Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan), Bambang Warsito (Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Maryanis (Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika), Hendri (Kepala Kantor Kementerian Agama), Zainal Muttaqin (Kepala Bagian Kesra) dan Syatria (Kepala Bagian Humas).

Diakhir acara, bupati menyerahkan ratusan batang bibit tanaman seperti, durian montong dan buah nangka. Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan rehabilitasi masjid sebesar Rp7,5 juta dan penyerahan bantuan motor tempel nelayan sebanyak 13 unit untuk masyarakat Nagari Tiku V Jorong. Kemudian dilanjutkan penyerahan paket al Quran dari Kementerian Agam Kabupaten Agam, Hendri kepada pengurus masjid. (kyo)

Baca juga: Bapenda Agam Pasang Tapping Box di Lokasi Wajib Pajak

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: