Dony Oskaria Beri Reward Nagari Sadar Wisata di Pessel

Sabtu, 06 Mei 2017, 12:56 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Dony Oskaria Beri Reward Nagari Sadar Wisata di Pessel
Bupati Pessel, Hendra Joni didampingi istri, menyerahkan award dari CEO Trans Corp, Donny Oskaria pada pemenang kompetisi Nagari Sadar Wisata tingkat Pessel, Kamis (4/5/2017) malam. (humas)

VALORAnews - Penggiat sekaligus pebisnis Pariwisata, Dony Oskaria memberikan reward pada nagari berprestasi dalam bidang kepariwisataan dalam rangka Festival Bahari Mandeh. Reward dari CEO Trans Corp ini, diserahkan Bupati Pesisir Selatan, Hendra Joni pada pembukaan Festival Bahari Mandeh, Kamis (4/5/2017) malam.

"Ini bentuk stimulan, agar nagari-nagari di Pessel yang terkenal sebagai Negeri Sejuta Pesona, berkompetisi dalam membangun Nagari Sadar Wisata," ujar Dony Oskaria melalui pesan whatshapp, Jumat (5/5/2017).

Pemilihan nagari sadar wisata Pessel 2016 ini, dalam rangakaian Festival Bahari Mandeh. Jurinya Yunando, Zuhrizul dan Siti Fatimah. "Nagari Sungai Nyalo terbaik pertama, nomor dua terbaik Nagari Carocok Anau dan posisi terbaik ketiga, Nagari Setara Nanggalo," ujar Yunando.

Menurut dia, Sungai Nyalo memiliki passing grade penilain tertinggi. Mulai kesadaran masyarakat hingga pemahaman warga dalam menyambut tamu, telah cukup baik.

Baca juga: PILKADA 2024: KERAS OMBAK, Sekretaris Perindo Sumbar Maju di Pilkada Pessel

"Elemen masyarakat Nagari Sungai Nyalo sangat terbuka, hebatnya lagi warga di sana mau menerima pembinaan yang dilakukan para penggiat pariwisata," ungkap Yunando

Bahkan secara perlahan, warga terus berbenah menata kawasan wisata di daerahnya makin asri.

Sementara, Nagari Carocok Anau yang berada pada posisi terbaik kedua, karena mampu menjadi daerah transit. Sebab, dermaga ke sejumlah pulau di Pessel yang jadi objek wisata, berlokasi di nagari ini. "Mindset warga telah berubah drastis. Dulu melayani dengan kasar, kini sangat ramah minus pemalakan pada pengunjung," ujarnya.

Bahkan, meski kawasan transit banyak kendaraan tamu parkir, sampai sekarang tidak ada tamu melaporkan kehilangan kendaraan.

Baca juga: Resah dengan Angka Kemiskinan Pessel, Angga Azkardha: Insya Allah Siap Ikut Kontestasi Pilkada 2024

"Warga di Carocok Anau, bahu-membahu menjaga keamanan dan kenyamanan tamu yang transit di sana," ujar Yunando

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: