WP Overload, Layanan KPP Padang Tak Optimal

Sabtu, 18 Maret 2017, 23:44 WIB | News | Kota Padang
WP Overload, Layanan KPP Padang Tak Optimal
Suasana antrian di KPP I Padang di Jl Bagindo Azis Chan yang padat pengunjung yang akan melaporkan SPT tahunan, Jumat (17/3/2017). (vebi rikiyanto/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kepala Kantor Pajak Pratama (KPP) I Padang, Prima Libriyanto mengimbau Wajib Pajak (WP) untuk menggunakan fasilitas pajak online, guna menghindari antrian panjang saat mengurus pajak.

"Untuk SPT massa/tahunan dapat membuka https://djponline.pajak.go.id sedangkan untuk NPWP di https://ereg.pajak.go.id," ungkap Prima, Jumat (17/3/2017) di ruang kerjanya.

Penggunaan fasilitas daring ini, terang dia, karena banyaknya jumlah WP yang dilayani setiap hari. Di Kota Padang, terdapat dua unit KPP yaitu di Jl Bagindo Azis Chan yang melayani lima kecamatan di Kota Padang ditambah kabupaten Pesisir Selatan dan Mentawai.

Sedangkan KPP di Jl Pemuda, melayani WP yang berasal dari enam kecamatan di Kota Padang ditambah kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman.

Baca juga: Anggota DPRD Padang 2024-2029 Silaturahmi dengan Sekretariat Dewan, Muharlion Ingatkan Soal Pembentukan Fraksi dan AKD

"Jumlah wajib pajak yang banyak, membuat waktu pengurusan jadi lama. Makanya, KPP di Padang dipecah dua. Walau telah dipecah, tetap saja layanan masih belum optimal," terangnya.

Dikatakan, dalam satu hari KPP I Padang Jl Bagindo Azis Chan menerbitkan hingga 500 nomor antrian. Sedangkan yang mampu dilayani lebih sedikit dari separuhnya. "Waktu kerja dalam sehari 8 jam. Kalau untuk satu WP dibutuhkan 5 menit --dengan asumsi semua berkas lengkap-- berarti dalam satu jam mampu melayani 12 WP. Sehari 96 WP," terangnya.

"Untuk pelayanan, kita memakai 4 jalur pelayanan. Berarti total, dalam sehari kerja kita hanya mampu melayani 384 WP. Pegawai kita kan juga manusia biasa yang perlu makan, minum dan ke toilet. Belum lagi gangguan teknis seperti mati lampu atau gangguan internet," tambah Prima mengenai kondisi pelayanan di kantor yang dipimpinnya itu. (vri)

Baca juga: Pengurus FWP Audiensi dengan Ketua Sementara DPRD Padang 2024-2029

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: