Dinkes Gelar Pekan Fogging Atasi DBD

Senin, 06 Maret 2017, 09:43 WIB | News | Kota Padang
Dinkes Gelar Pekan Fogging Atasi DBD
Petugas Dinas Kesehatan Padang, melakukan fogging (pengasapan) di sejumlah sekolah di Padang sepanjang Minggu (5/3/2017). Ini merupakan salah satu langkah mengatasi DBD. (humas)

VALORAnews - Kota Padang memerangi Demam Berdarah Dengue (DBD) karena telah jadi daerah endemik dengan fogging (pengasapan-red), Minggu (5/3/2017). Sejak tiga tahun terakhir, cukup banyak kasus yang menimpa warganya. Sejumlah sekolah didatangi Dinas Kesehatan Kota Padang.

Pelaksanaan fogging di sekolah-sekolah ini merupakan program Pekan Pengendalian DBD yang diusung Dinas Kesehatan Kota Padang.

"Kita melaksanakan Pekan Pengendalian DBD secara serentak untuk memerangi DBD," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Ferry Mulyani, Minggu pagi.

Dalam program itu, dilakukan pemeriksaan jentik ke sekolah-sekolah. Termasuk penyuluhan DBD selama sepekan. "Kita juga melakukan fogging di daerah yang banyak kasus DBD," ungkapnya.

Baca juga: Waspada! DBD di Riau Telah Tembus 810 Kasus

Pada hari Minggu itu, fogging dilaksanakan di sekolah-sekolah di kawasan Padang Barat. Sebab, setelah dilakukan pemeriksaan jentik ke sekolah dan rumah, cukup banyak jentik ditemukan.

"Hampir 50 persen sekolah positif jentiknya," katanya.

Dilaksanakannya fogging ini, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan. Termasuk mengintensifkan gotong-royong di kelurahan di Kota Padang.

"Sebelumnya di sekolah juga dilakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di bawah koordinasi Dinas Pendidikan," sebutnya.

Baca juga: Temuan Sejak Awal Januari 2022: Satu dari 3 Pasien DBD di Lubukbasung Meninggal Dunia

Fogging pada Minggu (5/3/2017) di Padang Barat itu pada 14 Sekolah Dasar (SD), SMP, MDA, TK dan PAUD. Seluruh sekolah disemprot. (rls/vri)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: